Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tancap Gas, Menpan RB Segera Rekrut PPPK Formasi Nakes

Ilustrasi Lonjakan Covid-19
Ilustrasi. Sejumlah nakes beristirahat sejenak di tengah lonjakan pasien Covid-19. (Dok.MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta – Usai dilantik  oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas akan segera melakukan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Khusus untuk tenaga kesehatan (nakes).

Pada Minggu (11/9/2022) kemarin, pihaknya telah menggelar rapat untuk percepatan penuntasan hal teknis terkait rekrutmen PPPK untuk tenaga kesehatan. Setelah hal teknis terselesaikan, perekrutan akan segera dilakukan.

”Ini sudah saya pelajari, kalau lihat time table-nya, ini cukup mepet waktunya, harus tuntas persiapannya karena jelang akhir September 2022 sudah harus rekrutmen PPPK-nya. Kita harus melipatgandakan kecepatan bekerja,” ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Baca: Stok Kosong, Vaksinasi Booster Kedua Nakes di Kudus Mandek Sementara

Selain itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian keuangan dan pemerintah daerah untuk singkronisasinya.

”Dalam satu sampai dua hari ini kita rapat dengan Menteri Kesehatan,” sebut dia.

Ia mengatakan, rekrutmen PPPK untuk tenaga kesehatan yang tengah disiapkan pemerintah saat ini, merupakan komitmen memperkuat salah satu bentuk pelayanan dasar bagi warga. Anas bilang, tenaga kesehatan memiliki peran penting dalam mendukung program mengatasi kemiskinan, sebab sangat beririsan dengan kesehatan.

Baca: Nakes Grobogan Sudah Divaksin Booster Kedua, Berikutnya ke Masyarakat

”Maka kita harus bekerja cepat dan tepat, karena soal tenaga kesehatan ini kita bicara bukan hanya soal jumlah, tetapi juga sebarannya, pemerataannya/distribusi, mengingat ada ketimpangan sebaran nakes, sehingga penataan tenaga kesehatan harus Indonesia sentris,” paparnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.