Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mbah Sastro Disebut Jadi Manusia Tertua di Blora, Usianya Bikin Geleng-Geleng

Mbah Sastro Diklaim Jadi Manusia Tertua di Blora, Usianya Bikin Geleng-Geleng
Mbah Sastro saat melakukan aktivitas di rumahnya. (Murianews/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Sastro Surip, atau akrab disapa Mbah Sastro diyakini menjadi manusia tertua di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Berdasarkan kartu identitasnya, kakek itu lahir pada 1 Juli 1919 lalu.

Jika mengacu pada KTP-nya, berarti usia Mbah Sastro sudah 103 tahun. Namun begitu, ia mengaku usianya lebih dari itu. Ia menyebut sudah berusia 115 tahun lebih.

Dari pengakuannya, ia sudah remaja saat pembangunan Waduk Tempuran. Di ketahui, Waduk Tempuran mulai dibangun sekitar 1914 lalu.

”Dulu waktu pembangun waduk tempuran saya sudah lahir dan udah remaja,” ujarnya, Minggu (11/9/2022).

Baca: Keren! Seniman Blora Sulap Pelepah Pisang Jadi Sketsa Wajah

Meski usianya sudah kelewat seabad, warga desa Plantungan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora itu juga masih memiliki pendengaran cukup baik.

Ia juga masih kuat beraktivitas di rumah. Tak hanya itu, tutur bahasanya juga masih fasih saat diajak berkomunikasi.

Sementara itu, Kepala desa Plantungan Endang Susana, mengatakan Mbah Sastro merupakan warga Plantungan dan saat ini mempunyai usia yang di atas 100 tahun.

”Untuk usia sesungguhnya mesti lebih dari itu. Karena, waktu Belanda buat waduk tempuran itu pada tahun 1914 beliaunya sudah membantu mencari rumput,”ungkapnya.

Mbah Sastro Surip sendiri sebelumya memiliki lima orang istri. Namun, saat ini tinggal satu istri yang masih hidup dan memilih hidup bersama keponakan.

Untuk kebutuhan sehari-hari Mbah Sastro melakukan aktivitas sendiri, seperti menggarap lahan pertanian, dan memasak buat makan.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.