Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sukun Tour de Muria 2022

Tanjakan Ekstrem Japan Kudus, Bikin Pembalap Sukun Tour de Muria Bertumbangan

Sukun tour de muria 2022
Aksi peserta saat berada di tanjakan ‘sadis’ di even Sukun Tour de Muria (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Peserta Sukun Tour de Muria 2022 disuguhi tanjakan extrem di Desa Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Minggu (11/9/2022). Sangking ‘sadisnya’ tanjakan ini, membuat banyak pembalap bertumbangan.

Tak sedikit dari pembalap race ataupun non race yang melintas ditanjakan yang memiliki gradien 24 persen itu, terjatuh karena mengalami kram. Bahkan untuk peserta yang masuk dalam kategori atlet-pun, juga mengalami kesulitan saat menghadapi tanjakan tersebut.

Mochammad Roihan Salim, atlet asal Surabaya mengaku tercengang melihat tanjakan yang ada di Japan tersebut. Menurutnya, tanjakan yang tersaji di Japan, sangat menipu. Bahkan, sempat membuatnya terjatuh lantaran kram pada bagian kaki.

Seorang pembalap ‘tumbang’ di tanjakan Japan. (Murianews/Yudha Auliya)

“Tanjakan awalnya enak, tapi akhirnya nipu. Dikira tanjakannya sama, tapi ternyata malah tambah tinggi. Sempat jatuh karena kram, batas limit tenaganya sudah manggil,” kata atlet dari klub Studio Cycling itu, Minggu, (11/9/2022).

Senada, Ariyanto Nugroho peserta asal Semarang menyebut tanjakan tersebut sangat mengagetkan, dan cukup ‘mengerikan’. Terlebih tenaganya telah terkuras di rolling awal dimana rute yang tersaji di wilayah Jepara ataupun Pati, juga naik turun.

BACA JUGA: Singgah di Pendapa Pati, Peserta Sukun Tour de Muria Nikmati Nasi Gandul

“Tenaga sudah habis, saat ketemu tanjakan akan sulit. Sadis banget tanjakannya,” ujarnya.

Seorang peserta Sukun Tour de Muria 2022, mengalami kram di tanjakan Japan. (Murianews/ Yudha Auiliya Rahman)

Sukun Tour de Muria 2022 merupakan ajang sport tourism yang disponsori PT Sukun Wartono Indonesia. Even ini, menempuh jarak rute sejauh 157 kilometer mengelilingi Gunung Muria di tiga kabupaten, Kudus, Jepara, dan Pati.

Sukun Tour de Muria 2022 juga menjadi ajang kejuaraan balap sepeda yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-75 PT Sukun Wartono Indonesia. Tak hanya itu, even ini juga sebagai salah satu acara yang turut memperingati hari jadi Kota Kudus ke-473.

 

Reporter : Yuda Auliya Rahman
Editor: Budi Erje

Ruangan komen telah ditutup.