Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sudah Tahu Ada Tanda Segitiga Kecil di Sisi Ban Motor? Ternyata Ini Fungsinya

Sudah Tahu Ada Tanda Segitiga Kecil di Sisi Ban Motor? Ternyata Ini Fungsinya
Foto: Tanda keausan pada ban motor (hondacommunity.net)

MURIANEWS, Kudus – Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Sebab, tanpa adanya ban maka sepeda motor sudah dipastikan tidak bisa digunakan.

Demikian pula jika ban mengalami masalah, akan mengganggu saat melakukan perjalanan. Untuk itu, kondisi ban perlu dilakukan pengecekan berkala dan segera diganti jika sudah aus.

Selama ini, banyak yang masih bingung untuk mengetahui apakah ban motornya sudah aus atau belum. Padahal, cara mengetahuinya sangat mudah.

Baca juga: Ban Motor Sering Bocor Halus hingga Bikin Jengkel? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Salah satunya adalah melihat lewat Tread Wear Indicator (TWI). Selama ini masih banyak pemilik motor yang belum tahu dimana letak TWI ini.

Melansir dari planetban.com, TWI adalah indikator pemakaian tapak ban atau tanda keausan tapak ban. Tandanya berupa segitiga kecil di sisi ban motor serta pada alur ban atau dinding ban.

Dari TWI ini bisa menunjukkan kapan ban perlu diganti. Jika ketebalan alur ban telah menyentuh atau sampai mengenai batas tersebut, itu artinya ban motor telah mencapai batas aus dan harus segera diganti.

Nah, biar nggak penasaran, sekarang coba perhatikan lagi TWI di ban motor Anda. Lihat, apakah sudah sampai indikator tersebut atau belum?

Selain melihat dari TWI, ada beberapa tanda lainnya yang menunjukkan jika ban motor sudah waktunya diganti. Berikut tandanya, seperti dikutip dari Federal Oil.

Melihat Jarak Tempuh

Dari beberapa sumber disebutkan, ban juga bisa diganti berdasarkan jarak tempuh sepeda motor. Adapun untuk ban depan diganti jika sudah menempuh jarak 12.000 km, sedangkan ban belakang diganti jika sudah menempuh jarak 10.000 km.

Kembang Ban Sudah tipis

Alur kembang adalah yang membuat pergerakan ban terasa lancar. Nah, ketika alur kembang itu menipis, maka ada rasa yang kurang nyaman.

Terasa Goyang saat Menikung

Jika motor terasa goyang saat melintas di tikungan, belum tentu itu karena komstir, bisa jadi karena ban sudah tidak bagus itu tandanya ban harus diganti. Penyebab goyang saat di tikungan biasanya ban sudah gundul atau tapak ban sudah benjol-benjol.

Ada Benjolan di Permukaan Ban

Ban yang sudah terlalu lama digunakan, mungkin masih terlihat bagus. Meski demikian, benturan keras bisa membuat permukaan ban motor menjadi bergelombang alias benjol.

Benjolan ini tidak terlihat besar dan bulat. Namun jika permukaan ban tidak merata, bisa berakibat fatal terutama jika melaju kencang dan menikung. Lebih baik ganti ban sebelum terlambat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: planetban.com, federaloil.com

Ruangan komen telah ditutup.