Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sukun Tour de Muria

Singgah di Pendapa Pati, Peserta Sukun Tour de Muria Nikmati Nasi Gandul

Singgah di Pendapa Pati, Peserta Sukun Tour de Muria Nikmati Nasi Gandul
Peserta Sukun Tour de Muria menyantap Nasi Gandul di Pendapa Kabupaten Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Peserta Sukun Tour de Muria tiba di Pendapat Kabupaten Pati. Mereka tiba pada pukul 11.22 WIB, Minggu (11/9/2022).

Di pitstop kedua itu, mereka menyempatkan menyantap nasi gandul. Untuk diketahui, nasi gandul merupakan makanan khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Mereka menyantap dengan lahap makanan yang berbahan daging sapi dan kuah santan itu. Tak hanya itu, mereka juga disuguhi buah-buah dan berbagai jenis minuman.

Hidangan ini seakan-akan menambah energi para peserta untuk melanjutkan perjalanan dan menyelesaikan Sukun Tour de Muria.

”Enak, sudah lama tidak makan Nasi Gandul,” ujar salah satu peserta dari Kabupaten Kudus, Umam usai menghabiskan Nasi Gandul.

Baca: Sukun Tour de Muria 2022 Bisa Pomosikan Potensi Lokal Kudus

Ungkapan senada disampaikan peserta lain, Muhammad Iqbal. Peserta dari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus ini mengaku menikmati Sukun Tour de Muria ini.

”Selain olahraga, ini juga mengenalkan tradisi dan makanan tradisional. Tadi di Jepara disuguhkan getuk. Ini Nasi Gandul. Kebetulan saya suka Nasi Gandul karena enak,” kata Iqbal.

Selain nasi gandul, para peserta Sukun Tour de Muria juga disambut Tari Topeng Mina Tani. Tari tradisional asal Pati itu merupakan ungkapan selamat datang di Bumi Mina Tani.

Para penari beraksi dengan apik sembari menggunakan topeng yang terbuat dari kuningan. Penari cantik-cantik ini juga mengenakan batik bakaran khas Kabupaten Pati.

Di tengah rasa lelah setelah bersepeda 112,8 km, mereka mendapatkan hiburan sembari rehat sejenak guna mengumpulkan energi.

Diketahui, Sukun Tour de Muria diikuti 600 peserta dari berbagai daerah. Peserta dari mancanegara juga ikut meramaikan pagelaran sepeda ini. Total jarak Sukun Tour de Muria sendiri sepanjang 157 km.

Setelah singgah di Pendapa Kabupaten Pati, mereka melanjutkan perjalanan ke Colo dan berakhir di Alun-alun Kudus. Di rute Samsat Pati hingga Terminal Colo akan diadakan mini kom.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.