Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pekan UMKM Kudus

Nikmatnya Nyeruput ‘Kopi Tjolo’ di Pekan UMKM Kudus

Nikmatnya Nyeruput Kopi Tjolo di Pekan UMKM Kudus | MURIANEWS
Tenda Kopi Tjolo saat dikunjungi sejumlah pengunjung Pekan UMKM Kudus (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pegunungan Muria merupakan salah satu penghasil kopi yang enak. Salah satunya Kopi Colo di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Banyak masyarakat sekitar lereng gunung muria yang menjadi petani kopi. Sebagian juga mengolah hasil panennya menjadi kopi dengan berbagai jenama.

Di Pekan UMKM Kudus yang diinisiasi PT Sukun Wartono Indonesia, juga terdapat stan UMKM yang menyediakan kopi asli muria.

Adalah Kopi Tjolo. Salah satu brand kopi ini terbuat dari biji kopi muria.

Saat ini, Kopi Tjolo memamerkan olahan kopinya di salah satu tenda Pekan UMKM Kudus di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

Baca: Proses Klaim Kopi Muria sebagai Tanaman Asli Kudus Tak Akan Mudah

Di tenda Kopi Tjolo, pengunjung yang datang bisa mencicipi olahan kopi muria. Gratis. Di sana, juga menjual kopi dengan berbagai macam olahan, mulai bubuk hingga yang masih berbentuk biji kopi.

Owner Kopi Tjolo, Pujiharto mengatakan, produk kopi yang dijual dan diperkenalkannya di Pekan UMKM Kudus merupakan kopi robusta hasil dari lereng pegunungan muria. Kopi robustanya pun diolah dari biji kopi pilihan.

”Kopi Tjolo yang kami produksi dari biji kopi muria pilihan,” katanya, Minggu (11/9/2022).

Kopi yang dijualnya di Pekan UMKM Kudus memiliki harga terjangkau. Mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 120 ribu. Harga yang dipatok tersebut menyesuaikan dengan jenis olahan dan ukuran berat kopi yang didapatkan.

”Olahannya itu ada yang natural, ada yang honey. Harganya ada yang Rp 50 ribu sampai Rp 75 ribu untuk ukuran 250 gram. Ada juga yang Rp 120 ribu per 500 gram,” jelasnya.

Pekan UMKM Kudus digelar PT Sukun Wartono Indonesia diselenggarakan bekerja sama dengan Kadin Kudus dan Pemkab Kudus. Even ini menghadirkan 75 UMKM dari Kabupaten Kudus, Pati, dan Jepara.

Even yang digelar untuk memeringati HUT ke-75 PT Sukun Wartono Indonesia dan HUT ke-473 Kabupaten Kudus ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (10-11/9/2022).

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.