Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cari Destinasi Wisata Keluarga di Semarang buat Liburan Akhir Pekan? Ini Rekomendasinya

Cari Destinasi Wisata Keluarga di Semarang? Ini Rekomendasinya
Foto: Dusun Semilir (dusunsemilir.com)

MURIANEWS, Semarang – Ada banyak destinasi wisata yang ada di Semarang. Baik di Kota Semarang atau Kabupaten Semarang yang wilayahnya memang berdekatan.

Di antara destinasi wisata yang ada, sangat cocok dipakai liburan bersama keluarga tercinta. Mulai dari taman hiburan, kuliner tradisional dan kekinian, pusat belanja dan oleh-oleh, hingga panorama alam.

Mendatangi tempat wisata ini bisa digunakan untuk melepas penat sekaligus menambah keakraban dengan keluarga. Terlebih bagi keluarga yang semuanya sibuk dan hanya punya waktu luang di akhir pekan.

Baca juga: Mengunjungi Desa Wisata Jatirejo di Kota Semarang, Berburu Kolang-Kaling dan Produk Olahannya

Nah, jika Anda sedang mencari rekomendasi wisata keluarga di Semarang, berikut rekomendasinya, seperti dikutip dari visitjawatengah.jatengprov.go.id.

Dusun Semilir

Dusun Semilir dibuka untuk umum pada tahun 2019. Daya tarik wisata ini terus berkembang, mulai dari sentra belanja dan oleh-oleh, lalu pusat kuliner, spot foto ala Eropa dan Korea yang instagrammable, tak ketinggalan berbagai wahana menarik lainnya, seperti perosotan pelangi, kereta dan trem wisata, juga berkuda.

Pada akhir tahun 2020, Dusun Semilir dilengkapi dengan penginapan yang dikenal dengan Dusun The Villas yang memiliki pool view yang cantik. Lokasinya sangat strategis tak jauh dari exit tol Bawen.

Grand Maerakaca

Grand Maerakaca yang terletak di kawasan PRPP Jawa Tengah menjadi alternatif tempat wisata keluarga di Kota Semarang. Daya tarik utamanya terletak pada wisata budaya berupa rumah adat dan miniatur bangunan khas yang ada di Jawa Tengah. Selain itu, tersedia pula trekking mangrove, danau yang dilengkapi dengan perahu wisata, spot instagenic, pusat kuliner, dan mini golf.

Foto: Grand Maerakoca Semarang (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Saloka Theme Park

Di Semarang terdapat taman hiburan terbesar di Jawa Tengah, yakni Saloka Theme Park yang berlokasi di Tuntang, Kabupaten Semarang. Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam wahana yang menyenangkan.

Puluhan wahana tersebut terbadi dalam 5 (lima) zona. Di zona Pesisir ada Cakrawala, bianglala dengan tinggi 33 meter dan kapal jenju yang menyuguhkan air mancur menari yang berpadu dengan lampu warna warni. Di zona Balalantara tersedia wahana kumbang layang, angin ingon, safari bocah, dan adu nyali.

Zona Kamayayi adalah zona khusus wahana anak-anak usia 3-10 tahun, seperti tata titi, polah bocah, komidi kuda laut, dan semprat semprot. Bagi pengunjung yang menyukai wahana emmacu adrenalin, bisa mencoba jet coaster lika liku, paku bumi, bengak benok, dan obat abit di zona Ararya. Terakhir adalah zona Segara Prada sebagai tempat wahana permainan air, seperti gonjang-ganjing.

Foto: Saloka Theme Park (sigijateng.id)

Taman Bunga New Celosia

Taman Bunga New Celosia menjadi magnet bagi wisatawan yang ingin berselfie ria di antara indah dan warna warni bunga-bunga. Sejak di pintu masuk, pengunjung akan disambut terowongan dengan bunga-bunga menjuntai indah.

Setelah itu, di setiap sudutnya tertata rapi aneka bunga dan tanaman hias yang cantik, seperti hebras, lavender, diantus, gerbera, krisan, dll. Taman Bunga New Celosia juga menyediakan spot selfie, wahana permainan anak, dan menyewa pakaian tradisional khas Korea Hanbok. Tak hanya berfoto ria, pengunjung juga dapat membeli aneka jenis tanaman dan bibit bunga.

Foto: Taman Bunga New Celosia (tamanbungacelosia.com)

Goa Kreo

Ingin mengajak keluarga berinteraksi dengan hewan secara langsung? Mungkin Goa Kreo yang berada di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, bisa menjadi pilihan. Di sini pengunjung bisa berinteraksi secara langsung dengan kera ekor panjang yang jumlahnya sangat banyak.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga disuguhkan pemandangan alam yang indah dari Waduk Jatibarang yang berlokasi di dekatnya. Baik pagi ataupun sore hari, pemandangan yang ada di Goa Kreo sangat mengagumkan.

Foto: Monyet ekor panjang di gua Kreo (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, menawarkan wisata alam pegunungan yang didukung beragam fasilitas, seperti outbound training, adrenalin games, kolam renang dari mata air alami, camping ground, penginapan, pondok kopi, dan meeting room.

Untuk penginapan, tersedia Pondok Wisata berupa resort dengan kapasitas besar. Tersedia pula Pondok Panorama berupa villa yang memiliki pemandangan 5 gunung dan cocok untuk liburan bersama keluarga. Pengunjung juga dapat menikmati kehangatan secangkir kopi, sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah di Pondok Kopi.

Itulah beberapa rekomendasi wisata keluarga yang ada di Semarang. Tidak hanya seru dengan tempat wisata saja, namun pengalaman berwisata bersama keluarga bisa menjadi kenangan yang sangat indah.

Foto: Umbul Sidomukti Bandungan, Semarang (Instagram/umbul.sidomukti)

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Ruangan komen telah ditutup.