Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kantong Parkir JIS Terbatas, PSSI Khawatir

PSSI
Sekjend PSSI, Yunus Nusi. (pssi)

MURIANEWS, Jakarta – Salah satu alasan PSSI tidak jadi menggunakan JIS (Jakarta International Stadium) untuk laga FIFA Match Day adalah masalah lahan parkir. Masalah ini menjadi salah satu pertimbangan, mengingat laga Timnas Indonesia Vs Curacao ini diperkirakan menyedot animo tinggi pendukung Timnas Indonesia.

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunis Nusi, menyatakan, untuk ukuran JIS yang begitu megah fasilitas kantong parkirnya terlalu kecil. JIS memiliki kapasitas 80 ribu penonyn, namun hanya memiliki kantong parkir untuk sekitar 800 unit kendaraan roda empat.

Kondisi itu menurut Yunus sangat riskan, jika didasarkan pada tingginya animo masyarakat menyaksikan pertandingan Timnas. Jika timnas main, animo masyarakat untuk ber duyun-duyun ke stadion sangat tinggi.

Hal inilah yang membuat PSSI khwatir, jika nantinya di gelar di JIS, terjadi sesuatu yang tidak dinginkan semua pihak. Karena itu, setelah mempertimbangkan banyak hal lain, PSSI akhirnya memutuskan mencari tempat lain.

“Selain itu masuk stadion hanya satu pintu sehingga dikhawatirkan jika bersamaan keluar akan memakan waktu yang lama,” ujar Yunus Nusi, seperti dilansir laman resmi PSSI.

Masalah lainnya adalah soal rendahnya ketinggian plafon di area tim. Hal ini membuat bus pemain tidak bisa masuk langsung ke akses ruang ganti. Bus pemain harus berhenti di area umum, yang tentu saja tidak sesuai dengan aturan FIFA.

BACA JUGA: JIS Diklaim Sudah Standar FIFA

”Terkait dengan plafon yang rendah, bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA,” tambah Yunus Nusi.

PSSI sendiri sampai saat ini masih terus melakukan pembicaraan mengenai stadion yang akan digunakan untuk pertandingan kedua pada 27 September 2022. Setidaknya ada dua stadion yang sedang dijajagi, masing-masing Stadion Pakansari, Bogor dan Stadion Patriot Chandra Bhaga, Bekasi.

Sedangkan untuk pertandingan FIFA Match Day pertama 24 September 2022, rencana tetap akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, di Bandung.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PSSI

Ruangan komen telah ditutup.