Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pekan UMKM Kudus

Aksi Barongan Pukau Pengunjung Pekan UMKM Kudus

Penampilan salah satu grup barongan menunjukkan aksinya di hadapan penonton. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak sebelas grup barongan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah unjuk kebolehan di lomba barongan Pekan UMKM Kudus, di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu . Penampilan grup barongan itu pun memukau para pengunjung.

Acara ini diselenggarakan oleh PT Sukun Wartono Indonesia untuk memeriahkan HUT ke-75 PT Sukun Wartono Indonesia dan HUT ke-473 Kabupaten Kudus.

Para penonton terlihat begitu antusias menyaksikan atraksi-atraksi yang ditampilkan tiap peserta. Terlebih, pertunjukan barongan di masyarakat saat ini sudah sangat jarang digelar.

Baca: Bupati Kudus Puji Pekan UMKM yang Diinisiasi Sukun

Panitia lomba barongan, Rubiyanti mengatakan, sebanyak 11 grup barongan itu berasal dari lima kecamatan di Kota Kretek. Tujuan dari kegiatan lomba barongan ini untuk melestarikan kesenian barongan.

”Pihak Kadin (Kamar Dagang Industri, red) Kudus dan PT Sukun ingin mengangkat tradisi kesenian barongan ini supaya tidak punah,” katanya, Sabtu (10/9/2022).

Para pemenang nantinya akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Rubiyanti mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian di lomba barongan. Pertama yakni seni atraksi. Kedua, keselarasan kostum, dan yang terakhir yakni musik.

”Seni atraksi yang dinilai itu bukan atraksi ekstremnya. Tetapi lebih ke nilai seninya. Kemudian keselarasan kostumnya dan juga musiknya,” imbuhnya.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.