Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

2 Perampas HP Asal Sukoharjo di Sragen Ternyata Curanmor, Kini Terancam 12 Tahun Penjara

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Sragen – Dua pemuda asal Sukoharjo yang diamankan Polres Sragen gegara merampas handphone (HP) ternyata juga pelaku pencurian sepeda motor  atau Curanmor. Bahkan, aksinya tersebut sudah puluhan kali di lokasi berbeda di Soloraya.

Atas tindakannya itu, keduanya dijerat dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukumannya sampai 12 tahun.

Kasi Humas Polres Sragen Iptu Ari Pujiantoro menyebutkan kedua pelaku yang diamankan itu diketahui berinisial DI alias Gomplo (24) warga Mojolaban, Sukoharjo, dan Ar alias Mbolo (26) warga Polokarto, Sukoharjo.

”Keduanya kita amankan di rumahnya di Sukoharjo tanpa perlawanan,” katanya seperti dikutip Solopos.com

Ari menjelaskan, penangkapan tersebut bermula bermula saat dua remaja, Nur Hidayat (15) dan Adira (15) yang berasal dari Banaran, Sambungmacan, nongkrong di tepi jalan persawahan sebelah utara Dukuh Suluhrejo, Desa Gringging, Sambungmacan, pada 27 Juni 2022 sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca: Rampas HP di Sragen, 2 Pemuda Sukoharjo Diringkus Polisi

Dia melanjutkan dua remaja itu didatangai dua orang tak dikenal yang mengendarai motor Honda Revo berpelat nomor AD 2317 JS. Dia melanjutkan salah satu pemuda itu turun mendekati korban untuk menanyakan arah jalan raya.

”Tiba-tiba pemuda itu langsung merampas ponsel korban (Nur Hidayat) seraya mendorong korban hingga terjatuh ke selokan,” ungkapnya.

Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka lecet pada kepala, pundak, dan kaki. Melihat, satu sudah terjatuh, pelaku kemudian merebut ponsel milik korban Adira.

”Setelah itu, kedua pelaku kabur meninggalkan lokasi kejadian. Atas kejadian itu, Nur mengalami kerugian Rp 1,2 juta dan Adira mengalami kerugian Rp 1,8 juta. Kejadian itu lantas dilaporkan ke Polsek Sambungmacan,” jelasnya.

Berdasarkan laporan itu Kapolsek Sambungmacan Iptu Widarto memimpin penyelidikan bersama Unit Reskrim Polsek Sambungmacan dan Unit Resmob Polres Sragen.

Dari data-data bahan keterangan dan olah kejadian perkara, Widarto menyampaikan pelaku mengarah pada seorang pemuda asal Sukoharjo, yakni DI alias Gomplo.

“Pada Kamis lalu, pukul 16.30 WIB, kami menangkap Gomplo di rumahnya, yakni di Mojolaban, Sukoharjo. Dari keterangan pelaku, ternyata aksi itu dilakukan bersama temannya Ar alias Mbolo, warga Polokarto, Sukoharjo. Kemudian Mbolo dijemput di rumahnya pada pukul 18.30 WIB,” imbuhnya.

Widarto menerangkan dari pengakuan pelaku ternyata mereka sudah melancarkan aksi pencurian cukup lama.

Dari pengakuan pelaku, mereka sudah beraksi di 50-an lokasi kejadian  dengan kasus pencurian bermacam-macam di wilayah Soloraya, seperti pencurian kabel sibel, pencurian motor, dan pencurian lainnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.