Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

SPBN Mlonggo Jepara Diprediksi Mulai Beroperasi Oktober

SPBN Mlonggo Jepara Diprediksi Mulai Beroperasi Oktober
Nelayan di Kabupaten sedang mengantre BBM jenis solar di SPBN. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara diperkirakan bakal kembali beroperasi.

Kabar itu diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, Wasiyanto. Ia mengatakan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) berencana membuka kembali SPBN Mlonggo pada Oktober 2022 mendatang.

”Kami sudah berkomunikasi. Rencananya, BPH Migas mengeluarkan solar subsidi (ke SPBN Mlonggo, red) di bulan Oktober,” jelas Wasiyanto, Sabtu (10/9/2022).

Wasiyanto menjelaskan, pada triwulan pertama tahun ini, SPBN Mlonggo rusak tersambar petir. Akibatnya tidak bisa diisi solar.

Kemudian, pada triwulan ke dua, tidak ada penugasan pengiriman solar dari BPH Migas ke SPBN Mlonggo.

Baca: Nelayan Jepara Ancam Bongkar, Ternyata SPBN Mlonggo Diblokir

Supaya nelayan pesisir Mlonggo tetap bisa melaut, Wasiyanto menyarankan agar mereka membeli solar di SPBN Ujungbatu, Kecamatan Jepara.

Di sisi lain, stok solar di SPBN Ujungbatu saja belum bisa memenuhi kebutuhan nelayan setempat.

Wasiyanto menyebut, kebutuhan solar pesisir Kecamatan Jepara sebanyak 500 kiloliter. Sedangkan, stok per bulan hanya sekitar 300 kiloliter.

”Kami sudah bersurat ke BPH Migas supaya stok di SPBN Ujungbatu bisa ditambah,” kata Wasiyanto.

Mengacu fakta itu, masalah nelayan di Pesisir Mloggo semakin pelik. Pasalnya, saat ini seluruh nelayan tidak boleh mengisi BBM jenis solar di SPBU. Alasannya, pihak BPH Migas telah mengalokasikan solar untuk nelayan di SPBN.

Di wilayah Kabupaten Jepara, hanya ada tiga SPBN. Masing-masing berada di Kedungmalang, Kecamatan Kedung, Ujungbatu dan Mlonggo.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.