Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catat! Ini Komponen Mobil yang Harus Diperiksa sebelum Dinyalakan dan Dipakai Berkendara

Catat! Ini Komponen Mobil yang Harus Diperiksa sebelum Dinyalakan dan Dipakai Berkendara
Foto: Ilustrasi (Rudy and Peter Skitterians dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Mengecek kondisi mobil penting dilakukan sebelum dinyalakan dan dipakai berkendara. Dengan melakukan pengecekan maka akan diketahui kalau kendaraan ini bisa berfungsi normal atau tidak.

Meski demikian, masih banyak pemilik mobil yang abai melakukan pengecekan kendaraannya sebelum digunakan untuk melakukan aktivitas rutin. Akibatnya, seringkali ditemui kendala di perjalanan, seperti mogok, rem blong bahkan hingga terjadi kecelakaan.

Guna menghindari masalah itulah maka pengecekan kendaraan perlu dilakukan. Apalagi, tidak butuh waktu lama karena hanya perlu mengecek beberapa komponen penting saja.

Baca juga: Ini Penyebab Rantai Kendur yang Penting Diketahui, Segera Ditangani biar Aman Berkendara

Berikut, komponen-komponen yang perlu dicek sebelum menyalakan mobil untuk dipakai berkendara, seperti dikutip dari Suzuki.or.id.

Aki Mobil

Aki mobil memegang peranan penting agar mobil bisa dinyalakan. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan dan menyalurkan daya listrik ke seluruh bagian mobil. Sebelum berkendara, pastikan kondisi aki tetap prima.

Perhatikan tanda-tanda gejala aki yang mulai bermasalah seperti korosi pada terminal aki atau tanda-tanda kebocoran pada cairan aki. Jika cairan aki mulai berkurang, segera lakukan perbaikan.

Sementara itu setelah mesin dinyalakan, cek juga apakah daya listrik aki mulai melemah yang gejalanya antara lain seperti mobil sulit dihidupkan, klakson tidak berbunyi atau lampu mulai redup saat dinyalakan.

Periksa Level Oli

Oli berfungsi melumasi berbagai komponen mesin yang bekerja dan bergesekan agar tidak aus dan rusak saat Anda berkendara. Sebelum melakukan perjalanan periksa seluruh komponen oli yang ada seperti oli mesin, oli rem, oli power steering hingga oli transmisi bagi Anda pengendara mobil matic.

Cara pengecekan oli sangatlah mudah, Anda hanya butuh mencari tabung penyimpanan oli dan periksa apakah cairan tersebut berada di level L atau H. Jika ada oli yang berada di level L atau Low, Anda bisa menambahkan oli ke dalam tabung penyimpanan.

Kondisi Ban & Ban Serep

Ban mobil Anda merupakan bagian yang paling sering bergesekan langsung dengan medan jalanan yang tak menentu. Kadang berlubang, berpasir bahkan penuh risiko terkena ranjau paku.

Karenanya berilah perhatian ekstra pada ban mobil, terutama sebelum Anda berkendara. Pastikan kondisinya masih baik, tidak botak, retak atau mulai aus. Periksa juga apakah tekanan udaranya sudah sesuai, tidak kempes karena bisa merusak bagian roda atau tidak terlalu tinggi karena bisa memicu risiko ban pecah.

Jangan lupa juga selalu membawa ban serep di dalam penyimpanan mobil Anda untuk berjaga-jaga jika di perjalanan mengalami bocor atau pecah ban. Cek kondisi ban serep, pastikan kondisinya tetap prima dan siap dipasang jika diperlukan.

Lampu Mobil

Agar jarak pandang ketika berkendara di malam hari atau cuaca berkabut, pastikan lampu mobil berfungsi dengan baik. Tak hanya periksa lampu mesin atau lampu utama mobil Anda, lakukan pemeriksaan pada seluruh lampu sign dan lampu darurat tetap berfungsi dengan baik dan tidak redup saat digunakan. Dengan kondisi lampu yang optimal, berkendara jadi tetap aman dan meminimalisir risiko kecelakaan.

Rem Mobil

Komponen ini merupakan komponen keselamatan berkendara yang sangat penting. Saat hendak berkendara baik itu jarak dekat atau jauh, pastikan komponen rem mobil Anda tetap berfungsi dengan baik.

Lakukan pemeriksaan pada cairan rem seperti yang telah disebutkan di atas, lakukan juga pengecekan daya cengkeram rem Anda. Rem yang berfungsi dengan baik akan membantu Anda mengontrol laju kendaraan selama berkendara dan menjaga keselamatan Anda.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Suzuki.co.id

Ruangan komen telah ditutup.