Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

BMKG Ingatkan Adanya Cuaca Ekstrem Selama Sepekan ke Depan

BMKG Ingatkan Adanya Cuaca Ekstrem Selama Sepekan ke Depan
Ilustrasi (dok. Murianews)

MURIANEWS, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan adanya potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan yang terjadi wilayah Indonesia. Hal ini lantaran September sudah memasuki awal musim hujan.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan, potensi cuaca ekstrem tersebut diidentifikasi dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer.

Saat ini terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

Baca: Cuaca Ekstrem Menintai Sejumlah Wilayah di Indonesia Hingga Sepekan

”Adapun kondisi tersebut yakni adanya potensi belokan dan perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan,” ujarnya, dikutip dari laman resmi BMKG.go.id, Sabtu (10/9/2022).

Menurutnya, hujan lebat disertai angin kencang juga berpotensi di seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga, masyarakat diminta untuk tetap waspada menghadapi perubahan musim di pertengahan September ini.

Hal ini lantaran aktifnya fenomena atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby Ekuatorial, dan Gelombang Kelvin dalam sepekan ke depan dapat turut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

”Terdapat potensi curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada 10-16 September,” ungkapnya.

Baca: BMKG Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem Dua Hari ke Depan

Dia memetakan bahwa wilayah yang akan terdampak dari cuaca ekstrem ini adalah di Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: BMKG.go.id

Ruangan komen telah ditutup.