Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Buruan Ikut! Kemenag Gelar Festival PAI, Pendaftaran Dibuka Hingga 14 September 2022

Buruan Ikut! Kemenag Gelar Festival PAI, Pendaftaran Dibuka Hingga 14 September 2022
Foto: Logo Kemenag (kemenag)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Agama menggelar festival Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi siswa SMA dan SMK tahun 2022. Festival ini digelar sebagai sarana aktualisasi diri peserta didik SMA dan SMK sesuai bakat minat  mereka.

”Festival PAI tahun 2022 juga kami desain sebagai media penguatan nilai-nilai moderasi beragama,” tegas Direktur PAI Amrullah di Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Menurutnya, kemajuan teknologi telah memberikan beragam kemudahan bagi manusia dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan. Berbagai lapisan masyarakat khususnya kaum remaja, kian hari semakin menunjukkan keterhubungan dengan dunia internet dalam skala yang begitu intens.

Baca juga: Kemenag Buka Program Beasiswa untuk Jenjang Sarjana dan Pascasarjana, Ini Mekanismenya

Di tahun 2021, Indonesia pernah memperoleh predikat sebagai negara dengan pengguna internet nomor 4 terbanyak di dunia. Berkenaan itu, lanjut Amrullah, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) sebagai salah satu instrumen pendidikan nasional perlu memberikan perhatian ekstra terhadap fenomena ketergantungan kaum pelajar. Khususnya siswa SMA dan SMK, terhadap internet.

”Derasnya arus informasi tidak menutup kemungkinan akan menjadi potensi terpaparnya peserta didik SMA dan SMK oleh ideologi maupun pemikiran yang bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia,” jelasnya, dikutip dari laman kemenag.

Kegiatan Festival PAI SMA dan SMK berlangsung dalam rentang 1 September hingga 4 November 2022. Lomba yang dikompetisikan meliput: Debat Isu Islam Kontemporer (Islamic Trending Issue Debate Competition); Cipta Konten Islami di Media Sosial (Islamic Content Creator Challange on Social Media); dan Proyek Inovasi Moderasi Beragama (Moderasi Beragama Innovation Project).

“Pendaftaran peserta kami buka mulai 1 – 14 September 2022,” sebut Amrullah. Untuk mendaftar, sila klik: Daftar Festival PAI SMA/SMK tahun 2022

Kepada para peserta yang telah mendaftar, Direktorat PAI akan memberikan Coaching dan Mentoring. Proses ini akan dilaksanakan pada 16-17 September 2022.

”Setelah mengikuti Coaching dan Mentoring, peserta akan diminta mengirimkan karya terbaiknya dari 19 September-10 Oktober 2022. Proses penilaian dan penyisihan dilaksanakan pada 13 – 15 Oktober 2022, sedang babak final terjadwal pada 2 – 4 November 2022,” ujar Amrullah.

Kasubdit PAI pada SMA/SMALB/SMK Abdullah Faqih menambahkan, pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui https://belajaragama.id. Setiap peserta harus melakukan tiga kali registrasi: daftar festival untuk mendapatkan ID Peserta; daftar coaching dan mentoring Moderasi Beragama dan Bakat Minat; dan daftar lomba untuk mendaftarkan karya yang akan diperlombakan.

Berkenaan dengan coaching dan mentoring, Abdullah Faqih yang juga penanggung jawab festival mengatakan bahwa ini merupakan syarat wajib bagi setiap peserta yang ingin mengikuti lomba.

”Setiap peserta wajib mengikuti coaching dan mentoring tentang moderasi beragama dan pengembangan bakat minat. Pelaksanaannya secara synchronous dan asynchronous. Setelah memperoleh sertifikat, peserta yang ingin melanjutkan ke tahapan lomba diperkenankan mendaftar sesuai jenis lomba yang diminati,” terang Faqih.

Sasaran peserta Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 adalah peserta didik SMA dan SMK di seluruh Indonesia. Informasi lebih rinci terkait syarat peserta, tahapan pelaksanaan, dan mekanisme lomba Festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022 dapat diakses melalui laman https://pendis.kemenag.go.id/pai/berita-675-festival-pai-sma-dan-smk-tahun-2022.html.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenag.go.id

Ruangan komen telah ditutup.