Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Indonesia dan Singapura Matangkan Rencana Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Indonesia dan Singapura Matangkan Rencana Kerja Sama Jaminan Produk Halal
Foto: Tim BPJPH Kemenag bertemu dengan tim Majelis Ugama Islam Singapore. (kemenag.go.id)

MURIANEWS, Jakarta – Indonesia dan Singapura saat ini tengah mematangkan rencana kerja sama jaminan produk halal (JPH). Kedua negara sepakat untuk segera menuangkan rencana kerja sama ini dalam Memorandum of Understanding (MoU)/Memorandum of Cooperation (MoC).

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Muhammad Aqil Irham usai bertemu dengan Majelis Ugama Islam Singapore (MUIS) Deputy Chief Executive MUIS Al Bakri Ahmad, di Singapura, Kamis (8/9/2022).

”BPJPH berharap rancangan MoU/MoC ini dapat segera disepakati dan ditandatangani oleh kedua belah pihak,” ujar Aqil Irham, dikutip dari laman Kemenag, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Kemenag Buka Sertifikasi Halal Gratis bagi 300 Ribuan UMK, Ini Syarat dan Prosedurnya

Kesepakatan ini, diharapkan Aqil, dapat meningkatkan volume ekspor impor kedua negara. ”Kita berharap kesepatakan ini dapat meningkatkan volume ekspor impor kedua negara, mengingat antara Indonesia dan Singapura merupakan negara yang tergabung dalam persekutuan MABIMS,” imbuh Aqil.

Pertemuan tersebut turut dihadiri CEO Warees Halal Singapore Dewi Hartaty Suratty,  Kepala Pusat Kerja Sama dan Standardisasi Halal Siti Aminah, dan Koordinator Kerja Sama JPH Fertiana Santy.

Dalam kunjungan kerjanya ke Singapura yang berlangsung mulai 5 sampai 8 September 2022 tersebut, Kepala BPJPH Aqil Irham juga menghadiri sejumlah agenda terkait dengan jaminan produk halal.

Di antaranya, bertemu dan berdiskusi dengan pimpinan Warees Halal. Warees Halal merupakan badan yang dibentuk MUIS dan bertanggungjawab untuk melakukan pemeriksaan halal khusus produk-produk impor untuk Singapura.

Kepala BPJPH Aqil Irham juga menyempatkan bertemu dengan para pengusaha dari berbagai negara yang hadir di Food and Hotel Asia di Singapore Expo. Dalam kesempatan tersebut, Aqil melakukan re-branding regulasi dan kebijakan jaminan produk halal (JPH) yang berlaku di Indonesia.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenag.go.id

Ruangan komen telah ditutup.