Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Satu Desa di Jepara Terancam Batal Gelar Pilkades

Satu Desa di Jepara Terancam Batal Gelar Pilkades
Ilustrasi Pilkades. (Murianews)

MURIANEWS, Jepara – Satu di antara 24 desa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah terancam tak bisa menggelar Pemilihan Petinggi (Pilpet) atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Jepara, Edy Marwoto mengatakan, desa itu adalah Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan.

Desa itu tak terancam tak bisa menggelar Pilkades lantaran hanya ada calon tunggal. Artinya, hanya ada satu orang pendaftar sebagai calon kepala desa hingga waktu pendaftaran yang ditentukan.

Akibatnya, Desa Sendang tak memenuhi syarat menggelar Pilkades. Sebab, sesuai aturan, minimal harus ada dua orang pendaftar calon kepala desa yang mendaftarkan diri.

”Syarat Pilpet itu kan, calonnya minimal harus ada dua orang. Maksimal lima orang. Sedangkan, di Desa Sendang, Kecamatan Kalinyamatan, bakal calonnya cuma satu orang,” kata Edy, Jumat (9/9/2022).

Baca: Tahapan Pilkades Serentak Bergulir, Pj Bupati Jepara Beri Pesan Begini

Berdasarkan jadwal yang ditentukan, mulai 1-10 September 2022, agenda panitia Pilpet adalah penelitian berkas bakal calon petinggi. Kemudian, pada 11 September 2022, panitia mengumumkan bakal calon yang lolos jadi calon petinggi.

Edy mengatakan, jika calon petinggi kurang dari dua orang, maka panitia harus memperpanjang pendaftaran mulai 12 September sampai 1 Oktober 2022. Kemudian, bakal calon diumumkan menjadi calon pada 19 Oktober 2022.

”Kalau sampai batas akhir pendaftaran bakal calonnya masih satu orang, maka otomatis tidak bisa ikut Pilpet tahun ini. Ikutnya pada Pilpet 2023,” kata Edy.

Namun, lanjut Edy, Pilpet 2023 itu masih belum jelas bisa dilaksanakan atau tidak. Agenda itu harus disetujui oleh pemerintah pusat. Pasalnya, pada 2023 beriringan dengan tahun politik, Pemilu 2024.

Terkait kekosongan posisi Petinggi Desa Sendang, nantinya akan diisi seorang Pelaksana Tugas (Plt). Plt itu ditunjuk dari unsur manapun asalkan berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk diketahui 24 desa menggelar Pilpet Serentak. Yakni Desa Bumiharjo Kecamatan Keling, Desa Wedelan Kecamatan Bangsri, Desa Jambu dan Sinanggul Kecamatan Mlonggo, Desa Bringin dan Pekalongan Kecamatan Batealit.

Kemudian, Desa Krapyak Kecamatan Tahunan, Desa Dongos, Sukodono dan Rau Kecamatan Kedung. Kemudian, Desa Margoyoso, Purwogondo, Sendang, dan Bandungrejo Kecamatan Kalinyamatan. Lalu Desa Gidangelo, Guwosobokerto, Kalipucang Wetan dan Kalipucang Kulon Kecamatan Welahan.

Selain itu, Desa Mayong Lor dan Pelemkerep Kecamatan Mayong. Kemudian Desa Karimunjawa, Kemujan dan Parang Kecamatan Karimunjawa.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.