Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Liburan Menikmati Suasana Desa di Lombok? Ini Desa Wisata Menarik yang Bisa Dipilih

Mau Liburan Menikmati Suasana Desa di Lombok? Ini Desa Wisata Menarik yang Bisa Dipilih
Foto: Suasana Desa Adat Sade Lombok (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawan. Selain itu, Lombok juga mendapat julukan sebagai Pulau Seribu Masjid karena banyaknya masjid yang ada di sana.

Selama ini, destinasi wisata di Lombok juga makin diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Disamping keindahan alam, kekayaan budaya yang masih kental di Lombok juga menjadi daya pikat tersendiri bagi para wisatawan.

Bagi yang ingin liburan menikmati suasana pedesaan di Lombok, tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada sejumlah desa wisata unik dan menarik di Lombok yang bisa jadi pilihan berlibur dengan orang tercinta.

Baca juga: Keren! Desa Wisata Campaga di Sulsel Berhasil Kembangkan Wisata Berbasis Alam

Nah, berikut ini ada beberapa desa wisata di Lombok yang bisa jadi pilihan berlibura akhir pekan nanti, seperti dikutip dari Indonesia.travel, Kamis (8/9/2022).

Desa Adat Sade

Desa Adat Sade adalah rumah bagi suku asli Lombok, yaitu suku Sasak. Membicarakan keunikan Desa Sade seolah tidak ada habisnya. Pasalnya, desa ini merupakan desa konservasi di mana keaslian adat dan tradisi suku masih sangat dipertahankan.

Salah satu bukti kentalnya budaya yang bisa dengan mudah dijumpai adalah bentuk bangunan rumah tradisional dibangun dari susunan ijuk sebagai atap, anyaman bambu sebagai dinding, dan lantai yang beralaskan tanah.

Selain mengagumi arsitektur khas suku Sasak yang tidak tergerus modernitas, wisatawan juga bisa belajar menenun kain khas Lombok, mempelajari tradisi unik desa, dan membeli cinderamata yang hanya bisa ditemui di Desa Sade.

Desa Bilebante

Untuk yang merindukan suasana nan damai khas desa, wisatawan bisa mengunjungi Desa Bilebante yang terletak di Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini juga mendapatkan julukan desa wisata hijau karena sejauh mata memandang tampak keasrian alamnya.

Tentu ini akan menjadi pengganti suasana yang cukup kontras, tetapi tidak kalah menyenangkan dari hangatnya pasir pantai. Di Desa Bilebante, wisatawan bisa menyusuri persawahan dengan menaiki sepeda, mempelajari budidaya tanaman herbal, bahkan mengikuti terapi kebugaran yang bisa membuatmu rileks.

Jangan lupa untuk cicipi kuliner lokal dan jamu lemongrass tea yang menjadi andalan Desa Bilebante.

Foto: Desa Wisata Bilebante, Lombok (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Desa Bonjeruk

Desa wisata selanjutnya yang dapat dikunjungi adalah Desa Bonjeruk. Desa ini terletak cukup strategis di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Ini berarti, wisatawan bisa mendatangi Desa Bonjeruk dengan lama perjalanan sekitar 25 menit saja dari bandara. Siap-siap terpukau saat disambut dengan pertunjukan musik tradisional Gendang Beleq.

Lantas apa saja yang bisa ditemui di desa ini? Yang paling berkesan adalah melihat bangunan-bangunan bergaya Eropa peninggalan Belanda sambil mempelajari sejarah masa jaya Desa Bonjeruk di era kerajaan dan kolonial yang terukir.

Selain itu, Desa Bonjeruk juga memiliki program belajar Bahasa Inggris yang bisa diikuti, lho. Bahkan, masyarakat di desa ini pun juga ikut pelatihan, sehingga banyak dari mereka yang fasih berbahasa Inggris.

Foto: Bangunan tua berupa gapura bergaya arsitektur Eropa di Desa Wiata Bonjeruk, Lombok. (disbudpar.ntbprov.go.id)

Desa Sesaot

Jika kaki sudah menginjak tanah Lombok, Anda wajib menyambangi Desa Sesaot. Apalagi, Desa Sesaot merupakan salah satu desa yang masuk dalam 50 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Nggak diragukan lagi kan keindahan yang ada didalamnya?

Di sini, ada berbagai wisata alam yang bisa dikunjungi seperti Air Terjun Tibu Sendalem, merasakan pemandian alami Aik Nyet, atau bisa juga bermalam di Camping Ground Vetong Hill. Jika mengabadikan keindahan Lombok, bisa mendaki Bukit Mangga untuk melihat pemandangan Gunung Rinjani yang luar biasa. Tak lupa untuk cicipi Sate Bulayak yang memiliki citra rasa khas Lombok Barat!

Foto: Wisata Pusat Rekreasi Masyarakat di Desa Sesaot, Lombok  (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Desa Sembalun Lawang

Desa wisata terakhir adalah Desa Sembalun Lawang yang berlokasi di dekat lereng Gunung Rinjani, lebih tepatnya di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Desa ini siap menyuguhi bermacam-macam aktivitas liburan yang tidak akan membuatmu bosan!

Salah satu aktivitas yang paling diminati adalah bermain paralayang dari Bukit Pergasingan atau Bukit Telaga. Aktivitas lainnya yang tak kalah seru adalah wisata rumah adat, memetik stroberi di perkebunan, atau berkemah di Gunung Rinjani.

Foto: Wisata Bukit Selong di Desa wisata Sembalun Lawang, Lombok. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: indonesia.travel

Ruangan komen telah ditutup.