Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Hari Ini, Buruh di Jateng Demo Tolak Kenaikan Harga BBM di Kantor Gubernur

Ribuan mahasiswa saat menggelar aksi di depan Gedung DPRD Jateng. (Istimewa)

MURIANEWS, Semarang — Penolakan kenaikan harga BBM terus terjadi di berbagai daerah, tak terkecuali di Jawa Tengah (Jateng). Para buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)berencana melakukan demo di depan kantor Gubernur Jateng, Selasa (6/9/2022) siang ini.

Sekretaris KSPI Jateng Aulia Hakim mengatakan, aksi demo tersebut akan diikuti buruh dari berbagai daerah di Jawa Tengah sekitar pukul 13.00 WIB siang nanti.

”Aksi unjuk rasa insyaallah akan kami laksanakan pada hari Selasa, 6 September 2022, mulai pukul 13.00 WIB. Aksi unjuk rasa kami gelar di kantor Gubernur Jateng dan DPRD Jateng atau Jalan Pahlawan,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Baca: Tolak Kenaikan BBM, Demonstran di Brebes Blokir Jalur Pantura

Dalam demo tersebut, Aulia mengaku ada tiga tuntutan buruh Jateng yang akan disampaikan. Tuntutan pertama berupa penolakan terhadap kenaikan harga BBM bersubsidi, yakni Pertalite dan Solar.

Sementara tuntutan yang kedua berupa pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Sedangkan tuntutan ketiga, berupa permintaan kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) di Jateng pada tahun 2023 nanti yakni sebesar 10 hingga 13 persen.

”Kami minta pemerintah nantinya menetapkan UMK tahun 2023 di 35 kabupaten/kota di Jateng naik 10 hingga 13 persen dari UMK yang sekarang,” tegas Aulia.

Baca: Demo Tolak Kenaikan BBM di Kantor Gubernur Maluku Ricuh, Ini Gara-garanya

Kendati demikian, Aulia tidak menyebutkan berapa jumlah buruh anggota KSPI Jateng yang akan mengikuti demo di depan Kantor Gubernur Jateng itu. Ia hanya menyatakan bahwa demo tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak keamanan.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Ruangan komen telah ditutup.