Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tahapan Pilkades Serentak Bergulir, Pj Bupati Jepara Beri Pesan Begini

Tahapan Pilkades Serentak Bergulir, Pj Bupati Jepara Beri Pesan Begini | MURIANEWS
Rapat koordinasi Pilpet Serentak di Kabupaten Jepara. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pemilihan Petinggi (Pilpet) serentak di Kabupaten Jepara mulai bergulir. Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta pun merapatkan barisan.

Guna mencegah hal yang tak diinginkan, pihaknya mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Camat, sampai panitia Pilpet. Mereka diundang untuk mengkoordinasikan kesiapan Pilpet tersebut.

”Ada sebelas camat yang kami undang. Kami juga undang Babinsa serta Babinkamtibmas sebagai ujung tombak pengamanan Pilpet nanti,” kata Edy, Sabtu (3/9/2022).

Baca: Lumba-Lumba Ditemukan Mati dan Penuh Luka di Pantai Bondo Jepara

Edy menyampaikan, Pilpet yang dijadwalkan digelar 14 November 2022 itu bisa berlangsung aman dan sukses. Dirinya tak menampik terkadang ada intrik-intrik politik arus bawah mewarnai gelaran Piplet.

”Untuk panitia, forkopincam, panwas maupun tim, kami minta baca dan pahami regulasi pilpet untuk mengantisipasi kecurangan yang mungkin terjadi,” tegas Edy.

Pihaknya juga mengingatkan semua pihak untuk selalu mewaspadai kerawanan-kerawanan saat pelaksanaan Pilpet. Panitia Pilpet diminta harus teliti dalam setiap tahapan dan juga untuk penyelenggara harus bersikap netral.

”TNI dan Polri harus siap menjaga membantu pelaksanaan pilpet agar berlangsung aman, lancar dan kondusif,” pungkasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 24 desa dari sebelas kecamatan menggelar Pilpet. Yakni Desa Bumiharjo Kecamatan Keling, Desa Wedelan Kecamatan Bangsri, Desa Jambu dan Sinanggul Kecamatan Mlonggo, Desa Bringin dan Pekalongan Kecamatan Batealit.

Kemudian, Desa Krapyak Kecamatan Tahunan, Desa Dongos, Sukodono dan Rau Kecamatan Kedung. Kemudian, Desa Margoyoso, Purwogondo, Sendang, dan Bandungrejo Kecamatan Kalinyamatan. Lalu Desa Gidangelo, Guwosobokerto, Kalipucang Wetan dan Kalipucang Kulon Kecamatan Welahan.

Selain itu, Desa Mayong Lor dan Pelemkerep Kecamatan Mayong. Kemudian Desa Karimunjawa, Kemujan dan Parang Kecamatan Karimunjawa.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.