Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menag Yaqut Ajukan Penambahan Kuota Haji untuk 2023

Menag Yaqut Ajukan Penambahan Kuota Haji untuk 2023
Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas (tangkapan Layar)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengaku sudah mengajukan tambahan kuota haji untuk tahun 2023 kepada pemerintah Arab Saudi.

Gus Yaqut mengatakan, penambahan kuota itu sebenarnya agar pada 2023 ini calon jemaah haji bisa berangkat sepenuhnya, tidak seperti tahun ini yang mengalami pembatasan.

”Kalau untuk kuota itu keputusannya ada di Pemerintah Saudi. Kita sudah sampaikan kalau kita minta kuota haji 100 persen,” kata Yaqut, dikutip dari laman resmi Kemenag, Jumat (2/9/2022).

Baca: Menag Yaqut Minta Maskapai Tak Seenaknya Ubah Jadwal Penerbangan Jemaah Haji

Menurutnya, untuk saat ini pemerintah hanya bisa mengajukan penambahan kuota dari yang tahun ini. Sehingga pada pemberangkatan 2023, tidak ada lagi pembatasan karena alasan pandemi Covid-19.

Namun, pihaknya tidak bisa memastikan apakah pengajuan itu akan diterima atau tidak. Sebab, kewenangan untuk menentukan kuota haji ini hanya diputuskan oleh pemerintah Arab Saudi.

Baca: Kuota Haji Tahun 2023 Kemungkinan Bertambah, Indonesia-Saudi Bentuk Taskforce Bersama

Pada pelaksanaan haji 2022, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 orang, atau berkurang setengahnya dari 2019 akibat pembatasan dampak dari pandemi Covid-19.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: kemenag.go.id

Ruangan komen telah ditutup.