Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penuhi Kuota Guru, Kemendikbud Buka Seleksi PPG

Penuhi Kuota Guru, Kemendikbud Buka Seleksi PPG
Seleksi PPG Kemendikbudristek (dok. Kemendikbudristek)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), kembali membuka seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan tahun 2022.

Seleksi ini merupakan gelombang kedua bagi lulusan D4 hingga S1. Sedangkan untuk kuotanya sendiri ada 40 ribu formasi.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pendidikan Profesi Guru, Temu Ismail mengatakan, para guru yang mengikuti seleksi ini nantinya akan mendapatkan sertifikat pendidik. Dengan sertifikat itu, mereka akan menjadi prioritas untuk mengisi kekosongan guru di Indonesia.

Baca: Para Guru Merapat, Kemendikbudristek Buka Program PPG

”Program PPG Prajabatan tahun 2022 ini diselenggarakan guna mewujudkan keseimbangan kebutuhan dan pemenuhan guru baik secara kualitas dan kuantitas,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (2/9/2022).

Selain itu, lanjut dia, program ini bertujuan untuk menghadirkan guru bersertifikat dan profesional, dengan penyelenggaraan program yang dirancang melalui berbagai penjelasan berdasarkan Program Transformasi Pendidikan Merdeka Belajar.

Dirinya berharap, lulusan PPG Prajabatan diharapkan mampu menjadi guru profesional pemula dan dapat menjadi teladan. Kemudian menjadi pembelajar yang mampu mengembangkan rencana dan pelaksanaan, serta dapat melakukan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Baca: Kemenag Siapkan 10.000 Kuota Pendidikan Profesi Guru

”Kami harapkan Juga dapat mewujudkan profil pelajar Pancasila, terampil dalam mengembangkan lingkungan belajar, dan dapat memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan masyarakat,” ungkapnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Ruangan komen telah ditutup.