Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kambing Program Bantuan di Jepara Terpapar PMK

Kambing Program Bantuan di Jepara Terpapar PMK

Pemeriksaan kambing di Jepara yang terjangkit PMK. (Murianews/DKPP Jepara)

MURIANEWS, Jepara – Sebanyak 12 ekor kambing di Desa Dongos, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak.

Ironisnya, kambing-kambing tersebut adalah bantuan pemberdayaan masyarakat yang diberikan pemerintah desa setempat para warga. Kambing-kambing itu memang didatangkan dari luar daerah.

”Setelah tersebar ke warga, ternyata kambing-kambing itu menjadi sumber penularan PMK,” jelas Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Jepara, Mudofir.

Baca: Obat Terlarang Marak di Jepara, Ini yang Diduga Jadi Penyebabnya

Mundhofir mengatakan, temuan PMK pada kambing terdeteksi pada pekan lalu. Setelah mendapati temuan tersebut, pihaknya langsung meminta pemerintah desa setempat mendata kambing-kambing yang dimungkingkan kena PMK. Rencananya, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengobatan.

”Kami langsung meminta warga untuk mengarantina kambing-kambing yang terjangkit PMK. Kandang dibersihkan,” kata Mudofir.

Mudofir menduga PMK pada kambing di Jepara sendiri sudah ada sejak awal-awal kemunculan penyakit itu. Namun, karena ketidaktahuan peternak di desa-desa, akhirnya pihaknya tidak mendapatkan laporan atas temuan itu.

Masalahnya, lanjut Mudofir, gejala PMK pada kambing relatif lebih sulit diketahui dibanding pada sapi atau kerbau. Bila pada sapi atau kerbau terlihat ngiler dan lidahnya pecah-pecah. Sementara, pada kambing gejala-gejala itu sulit terlihat.

Untuk bisa mendeteksi gejala pada kambing, Mudofir menyatakan perlu kompetensi khusus. Peninjauan pada lidah kambing misalnya, tidak bisa semudah pada sapi atau kerbau.

“Dulu di Kecamatan Donorojo ada temuan. Tapi kami belum sampai autopsi, kambing sudah dikuburkan,” terang Mudofir.

Dengan adanya temuan ini, Mudofir berharap masyarakat bisa lebih waspada. Anggapan bahwa kambing tak bisa terjangkit PMK ternyata patah dengan temuan itu.

Pihaknya meminta masyarakat segera melapor kepada pemerintah setempat bila ditemukan ternak yang bergejala PMK. Supaya bisa cepat ditangani.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Ruangan komen telah ditutup.