Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

HMI Desak Rekrutmen Perangkat Desa di Kudus Bebas Kecurangan

HMI Kudus berdialog dengan DPRD Kudus soal rekrutmen perangkat desa. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menuntut agar rekrutmen perangkat desa yang akan digelar di Kabupaten Kudus bebas dari kecurangan.

Desakan ini disuarakan saat menggelar aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Kudus, Selasa (30/8/2022).

Mereka ingin agar rekrutmen perangkat desa bebas dari kecurangan. Sehingga proses rekrutmen berjalan transparan.

”DPRD Kudus harus ikut mengawasi proses rekrutmen perangkat desa di Kota Kretek. Sehingga tidak ada kecurangan,” kata Koordinator aksi demo, Muhammad Eko Prastyo, Selasa (30/8/2022).

Ketua Komisi B DPRD Kudus Anis Hidayat mengatakan, perihal waktu pelaksanaan rekrutmen perangkat desa pihaknya belum mengetahui secara pasti pelaksanaannya.

”Belum tahu jadwalnya. Yang tahu OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red) terkait. Dalam hal ini Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, red),” katanya, Selasa (30/8/2022).

Baca: Siap-Siap! Kudus Buka Seleksi Perangkat Desa September Mendatang

Namun, Anis melanjutkan, untuk rekrutmennya memamg akan dilaksanakan di tahun ini. Pihaknya juga mempersilahkan kepada mahasiswa jika ingin ikut mengawasi.

”Silahkan nanti ikut mengawasi. Karena masyarakat punya hak pengawasan di sana kalau nanti sudah ada jadwal rekrutmennya,” sambungnya.

Menurutnya, pengawasan rekrutmen perangkat desa merupakan hal yang bagus. Sehingga dapat meminimalisir kecurangan.

”Silahkan diawasi perihal mekanismenya. Supaya di Kabupaten Kudus tercipta clean goverment,” imbuhnya.

Dalam demo itu para mahasiswa HMI juga menuntut agar kenaikan harga BBM dibatalkan. Kenaikan BBM disebut akan menyenegsarakan rakyat.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Ruangan komen telah ditutup.