Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KPU Grobogan Ajukan Anggaran Rp 100 Miliar Untuk Pilkada 2024

KPU Grobogan Ajukan Anggaran Rp 100 Miliar Untuk Pilkada 2024

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo. (Murianews/Istimewa KPU Grobogan)

MURIANEWS, Grobogan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan mengajukan anggaran hingga Rp 100 miliyar untuk hajatan Pilkada 2024 mendatang.

Penganggaran dilakukan multi years dalam tiga tahun, yakni 2022 dan 2023 masing-masing Rp 25 miliar, dan sisanya Rp 50 miliar.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengatakan, besarnya anggaran yang diajukan tersebut menyesuaikan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

”TPS-nya kan lumayan besar, ada 4.910 totalnya rencana kami,” tutur Agung, Sabtu (20/8/2022).

Baca: Mantan Ketua KPU Grobogan Dilantik Jadi Rektor ITB-MG

Menurut Agung, Grobogan masuk kelas A dari segi jumlah penduduk, yakni dengan jumlah total sekitar 1,2 juta penduduk.

Dia pun membandingkan dengan daerah di Jateng yang penduduknya juga besar seperti Kabupaten Pati, Kabupaten Pemalang, dan Kota Semarang.

Agung menambahkan, jumlah anggaran tersebut masih dinamis. Nantinya anggaran bisa ditekan dengan menurunkan jumlah honor atau di pos lain.

”Masih dinamis. Perhitungan awal sejumlah itu, nanti untuk besaran honorer dan lain-lain barangkali masih bisa ditekan lagi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Agung menyatakan, nantinya juga kemungkinan akan ada sharing anggaran dengan pemerintah provinsi. Sebab, dalam Pilkada 2024 nanti juga akan memilih gubernur anyar.

”Provinsi kan juga punya kepentingan, pilihan gubernur. Tidak bisa diserahkan ke kabupaten semua,” paparnya.

Anggaran itu pun nantinya belum termasuk anggaran untuk Pemilu. Agung menyebut, untuk Pemilu, anggarannya nanti bersumber dari APBN. Namun, untuk Pemilu, dia mengaku belum mengetahui anggarannya.

Sebagaimana diketahui, pada 2024 nanti akan ada dua hajatan besar. Yakni Pemilu untuk memilih presiden dan wapres, DPR, DPRD provinsi dan kabupaten, serta DPD pada 14 Februari 2024. Kemudian  Pilkada untuk pemilihan bupati dan gubernur pada 27 November 2024.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.