Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gegara Ini, PKL Alun-Alun II Jepara Kecewa

Gegara Ini PKL Alun Alun II Jepara Kecewa

Suasana Jepara Festival 2022 Pameran UMKM di Jalan Kartini Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Para pedagang kaki lima (PKL) Alun-alun II Jepara dibuat kecewa. Gara-garanya, adanya even-even bersar yang digelar di area Alun-alun I Jepara.

Untuk diketahui, dalam dua pekan terakhir, area Alun-alun I Jepara menjadi tempat kegiatan yang cukup ramai. Salah satunya, Festival dan Gebyar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Paguyuban PKL Alun-alun II Jepara, Edi Kiswanto mengatakan ada dua kekecewaan. Keduanya yakni, kurangnya komunikasi pemerintah dengan PKL dan pemerintah telah dinilai ingkar janji.

Baca: Pameran UMKM Jepara, PKL: Katanya Lokal, Nyatanya Luar Kota Semua

Edi menyebut, tak ada komunikasi dari Pemkab Jepara pada paguyuban PKL. Imbasnya, dari sekitar 70 anggota paguyuban PKL, tak ada satupun yang ikut membuka lapak di even Festival dan Gebyar UMKM itu.

”Tidak ada komunikasi apapun. Apalagi surat penawaran. Kami saja tahu ada bazar UMKM itu dari media sosial,” kata Edi kepada Murianews, Sabtu (20/8/2022).

Kemudian, Edi menyebut Pemkab Jepara telah ingkar janji. Di mana, pada pemindahan PKL dari Alun-alun I Jepara ke Alun-alun II, Pemkab Jepara saat itu juga berjanjit turut memindahkan seluruh even yang rencananya digelar di Alun-alun I ke Alun-alun II.

Diskominfo Jepara dalam laman jepara.go.id pernah menayangkan artikel berita terkait pemindahan PKL Alun-alun I Jepara ke Alun-alun II Jepara.

Dalam berita berjudul PKL Alun-alun I Jepara siap pindah lokasi yang tayang 29 Desember 2018 itu, disebutkan Pemkab berjanji mengalihkan semua even yang digelar di Alun-alun I, ke Alun-alun II. Alasannya, kepala daerah saat itu ingin Alun-alun I steril.

”Saya dan teman-teman PKL masih ingat betul janji itu. Janji itulah yang membuat kami mau pindah ke Alun-alun II Jepara. Tapi, ini justru diingkari. Ini malahan bikin event besar-besaran di Alun-alun I dan sekitarnya,” kata Edi.

Karena kekecewaan-kekecewaan itu, Edi menegaskan pihaknya tidak akan tinggal diam. Bersama para PKL Alun-alun II, pihaknya akan menagih janji kepada Pemkab Jepara dengan cara apapun.

Selain perkara ingkar janji, Edi juga kecewa dengan Pemkab Jepara yang tak konsisten dengan tema event UMKM Jepara. Berdasarkan pantauannya, dari dua event besar yang digelar dua pekan ini, UMKM lokal atau khas Jepara nyaris nihil tersaji.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.