Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Svargabumi Magelang, Wisata Instagramable Tengah Sawah di Dekat Candi Borobudur

Svargabumi Magelang, Wisata Instagramable Tengah Sawah di Dekat Candi Borobudur
Foto: Svargabumi Magelang (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

MURIANEWS, Magelang – Kabupaten Magelang, Jawa Tengah selama ini dikenal memiliki banyak destinasi wisata. Salah satu yang paling dikenal di seantero dunia adalah Candi Borobudur.

Selain candi bersejarah ini, wisatawan kini juga bisa mengunjungi lokasi wisata lain yang ada di sekitarnya. Di antaranya adalah Svargabumi, destinasi wisata baru yang dibuka Agustus 2020 lalu.

Melansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Svargabumi bisa menjadi tujuan wisatawan yang gemar berfoto lalu mengunggahnya ke media sosial. Pasalnya, Svargabumi menawarkan sejumlah spot berfoto atau selfie di tengah hamparan persawahan. Di kompleks persawahan seluas 3 hektare, berjejer hampir 30-an spot foto.

Baca juga: Menikmati Indahnya Golden Sunrise di Bukit Sikunir Wonosobo

Saat pertama kali masuk ke Svargabumi, pengunjung akan langsung disambut hamparan persawahan maha luas. Lantas ada spot foto berupa pintu gebyok yang biasanya terdapat pada rumah adat Jawa. Pintu gebyok ini langsung berhadapan dengan kompleks persawahan.

Setelah itu, wisatawan bisa menjelajahi seluruh spot yang tersedia di Svargabumi. Mulai dari spot kolam renang, sofa, aneka kursi, hammock, hingga ayunan dengan dominasi warna putih ada di Svargabumi. Karena spot ini ada di tengah sawah, tenang, sudah disediakan jalan yang terbuat dari kayu. Anda hanya perlu menyusurinya untuk sampai ke sejumlah spot foto.

Di Svargabumi, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang sawah. Pemandangan lain yang tak kalah menakjubkan adalah Candi Borobudur serta Bukit Menoreh. Tak heran, bagi sebagian pengunjung, berwisata ke Svargabumi adalah salah satu cara terbaik menikmati kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan. Bila datang pada sore hari, wisatawan juga bisa berfoto dengan latar belakang sunset.

Dari sekian banyak spot, ada beberapa spot yang menjadi favorit wisatawan. Satu di antaranya spot ayunan dan hammock di area bawah. Selain bisa mendapatkan semua lanskap, juga spot di sana lebih instagenik.

Bahkan jika jeli saat memotret, wisatawan akan mendapatkan hasil foto dengan angle seperti kompleks persawahan di Ubud, Bali lengkap dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Jika tak ahli dalam memotret, ada beberapa petugas yang siap membantu. Termasuk mengarahkan di mana posisi berfoto dan mengambil foto.

Walau dibangun di atas pesawahan, tapi spot-spot modern ini tidak merusak lingkungan. Sebab, pembangunannya juga mengatur pola tanam sawah yang ada. Tak heran, jika ada beberapa lokasi yang tanaman padinya baru saja ditanam, mulai menghijau, bahkan menguning tanda siap dipanen.

Uniknya, wisawatan dapat melihat langsung, bila ada petani yang menggarap di sawah. Mulai dari menanam padi, mengairi, memberi pupuk, hingga memanen. Tentu ini bisa menjadi wisata edukasi bagi anak-anak sekaligus sebagai sarana refreshing, kan?

Istimewanya lagi, pemilik Svargabumi menerapkan sistem sewa dalam pengelolaan kompleks persawahan. Mereka tetap memperbolehkan para petani atau pemilik lahan mengelola sawah. Hasil panennya pun dapat dimiliki sepenuhnya oleh petani. Bahkan perusahaan memfasilitasi berupa pemberian bibit dan pupuk.

Harga Tiket dan Fasilitas di Svargabumi

Untuk dapat menikmati keindahan ini, wisawatan hanya perlu merogoh kocek Rp 30 ribu per orang. Sementara tiket masuk anak-anak dipatok Rp 15 ribu. Tiket dapat dibeli secara langsung di tempat wisata.

Selain itu, pengunjung dapat membeli tiket masuk secara online lewat situs resmi mereka di svargabumi.store. Asyiknya, bisa dapat diskon bila beli via online, lho. Apalagi ada harga tiket khusus bagi pengunjung yang datang berombongan.

Adapun fasilitas yang tersedia di sini tergolong sangat lengkap. Mulai dari toilet, musala, rest area yang rindang, hingga lahan parkir yang sangat luas. Pun dengan sederet warung yang menjajakan aneka camilan, makanan berat, hingga suvenir.

Panduan Menuju Svargabumi

Svargabumi berada di Dusun Ngaran, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Atau sekitar 2 Km dari Candi Borobudur. Sehingga waktu tempuh dari Candi Borobudur menuju Svargabumi hanya sekira 5 menit.

Dari Candi Borobudur, wisatawan hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah selatan. Sampai di perempatan, belok ke kanan dan melajulah sekira 300 meter. Tujuan Anda berada di sebelah kiri jalan. Ya, Svargabumi berlokasi di pinggir jalan raya dan bersebelahan dengan Balkondes Borobudur.

Svargabumi buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap hari kecuali hari Kamis. Khusus selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Svargabumi bisa saja tutup pukul 15.00 WIB. Jadi, sudah siap untuk berfoto ciamik di spot instagenik? Yuk, segera agendakan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.