Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Kuliner Serba Sate yang Ada di Jawa Tengah, Sudah Pernah Coba?

Ini Kuliner Serba Sate yang Ada di Jawa Tengah, Sudah Pernah Coba?
Foto: Sate Srepeh (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Selain wisata, ada beragam kuliner khas di Provinsi Jawa Tengah. Salah satunya kuliner sate yang tersebar di beberapa daerah.

Masing-masing kuliner sate ini punya ciri khas dan cita rasa tersendiri. Soal rasa, jangan ditanya. Semuanya enak banget.

Berikut kuliner sate di Jawa Tengah yang perlu Anda coba, seperti dilansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Soto Kletuk, Kuliner Khas Blora yang Rasanya Rame dan Maknyus

Sate Srepeh (Kabupaten Rembang)

Tidak lengkap rasanya jika melewati jalur pantai utara Rembang, jika tidak mencicipi kuliner sate srepeh di kawasan Pecinan jalan Dr. Wahidin, Rembang yang hanya dapat dijumpai di pagi hari. Sate Srepeh berbahan utama daging ayam yang diiris tipis-tipis. Keunikan Srepeh terletak pada bumbunya yang berwarna kuning kecoklatan dan lebih encer dengan rasa asin dan pedas, sehingga terkenal dengan sebutan ‘srepeh’. Bumbu tersebut terbuat dari kacang, saus sambal merah, santan dan gula merah, sehingga berwarna kuning kecoklatan. Sate srepeh disajikan bersama lontong atau nasi yang disiram sayur.

Sate Blora (Kabupaten Blora)

Sate Blora dikenal sebagai salah satu kuliner lezat karena daging yang empuk serta memiliki keunikan pada cara penyajiannya. Selain bumbu kacang, Sate Blora disajikan juga bersama kuah kuning ditambahkan dengan kecap manis dan taburan bawang goreng. Sajian sate khas Blora dapat dijumpai di pusat kuliner ”Koplakan”.

Foto: Sate Blora (pariwisata.blorakab.go.id)

Sate Sapi Suruh (Kota Salatiga)

Berada di jantung kota Salatiga, tepatnya Jl. Jendral Sudirman (Ruko Mimosa), warung makan ini menyajikan kuliner sate daging sapi  yang empuk. Resep sate suruh adalah resep turun temurun sejak 1987. Berbeda dengan sate lainnya, sate dibumbui dengan aneka rempah- rempah seperti kunyit, kencur dan kayu manis. Nama suruh diambil dari nama desa Suruh, asal orangtua yang menciptakan resep ini.

Foto: Sate Sapi Suruh (twitter/@kabar_kuliner)

Sate Kambing Tegal (Kota Tegal)

Sate Kambing khas Tegal menggunakan daging kambing muda yang biasanya berumur di bawah tiga bulan (batibul) sebagai bahan utama. Karena menggunakan daging kambing muda, daging lebih empuk dan beraroma khas walau tidak dioles banyak bumbu saat dibakar. Sate nikmat ini dapat dibeli di Warung Makan Sate yang mudah dijumpai di berbagai sudut kota.

Foto: Sate kambing Tegal (ayobandung.com)

Sate Ambal (Kabupaten Kebumen)

Para wisatawan yang berkunjung ke Kebumen, sate ayam di daerah Ambal bisa menjadi pilihan tepat. Keunikan sate ayam khas Ambal ini terletak pada sausnya yang terbuat dari kacang kedelai (tempe).Biasanya, satu porsi sate ambal berisi 20 tusuk.

Foto: Sate Ambal Kebumen (detik.com/istimewa)

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.