Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pati Tak Punya Pangkalan Truk Besar, DPRD: Insya Allah Dianggarkan 2023

Pati Tak Punya Pangkalan Truk Besar, DPRD: Insya Allah Dianggarkan 2023
Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Kabupaten Pati, Jawa Tengah tidak mempunyai pangkalan truk besar hingga saat ini. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati siap mengusulkannya pada APBD 2023 mendatang.

Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin yakin pangkalan truk dapat dianggarkan pada 2023. Lantaran dana transfer daerah dari APBN diprediksi meningkat pada 2023 mendatang.

Jumlah dana transfer ke daerah dan dana desa APBN 2022 sebesar Rp 769,61 triliun. Sedang pada 2023 mendatang, anggaran transfer ke daerah direncanakan sebesar Rp 811,7 triliun. Ini diungkapkan Presiden Joko Widodo saat Rapat Paripurna dengan DPR RI, Selasa (16/8/2022) lalu.

”Kelihatannya transfer daerah akan naik. Mudah-mudahan (transfer daerah) ke Pati juga naik. Nanti ketika pembahasan akan kami masukkan,” ujar Ali.

Baca: Dukuh di Pati Ini Hanya Ada Dua Rumah? Ini Faktanya

Saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati terkait di mana lokasi pangkalan truk nantinya.

”Untuk lahannya kami masih koordinasikan TAPD, mana yang cocok untuk pangkalan truk. InsyaAllah nanti kami anggaran 2023. Toh paling tidak untuk parkir terlebih dahulu lah,” tutur dia.

Berdasarkan perhitungan yang ada, dana yang dibutuhkan untuk membuat pangkalan truk ini mencapai Rp 40 miliar. Besaran angka itu sendiri dibagi dalam dua bagian.

Asumsi pengadaan lahan sendiri sekitar Rp 20 miliar untuk 2 hektare. Sedangkan bangunan sebesar Rp 20 miliar.

Itu berdasarkan kajian tahun 2018 lalu. Untuk membuat pangkalan ini dibutuhkan tanah sekitar 2 hektare, diasumsikan harga tahun 2018 Rp 1 juta per meter.

”Sehingga tanah sendiri (membutuhkan) Rp 20 miliar. Untuk (bangunan) fisik Rp 20 miliar. Jadi (butuh) sekitar Rp 40 miliar. Namun kemungkinan akan bertambah lagi. Karena harga tanah tambah lagi mengingat itu perhitungan 2018,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pati Teguh Widyatmoko.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.