Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gading Gajah Purba Raksasa Kembali Ditemukan di Patiayam Kudus

Gading gajah purba sepanjang 2,5 meter yang ditemukan di situs Patiayam. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Gading gajah purba atau Stegodon Trigonocephalus kembali ditemukan di Kawasan Situs Purbakala Patiayam Kudus. Gading gajah purba itu berukuran raksasa dengan panjang 2,5 meter.

Gading gajah purba itu ditemukan di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Gading gajah purba yang ditemukan kali ini, terbilang dalam kondisi yang utuh mulai dari pangkal hingga ujung gading.

Hanya memang, dari usianya yang diperkirakan sudah ratusan ribu tahun itu, mengakibatkan gading tersebut menjadi retak beberapa bagian yang harus dilakukan konservasi dan perawatan kembali.

Koordinator Museum Purbakala Patiayam Moh Jamin mengatakan, gading gajah purba yang ditemuka kali ini merupakan gading ketiga terbesar yang menjadi koleksi Museum Purbakala Patiayam.

”Ini 2,5 meter panjangnya, terbesar ketiga yang kami miliki, setelah gading berukuran empat meter dan tiga meter yang sudah ada,” katanya, Kamis (18/8/2022).

Baca: Panen Kencur, Petani di Kudus Temukan Gading Gajah Purba

Ia menjelaskan, gading gajah tersebut ditemukan warga setempat sekitar enam bulan lalu.

Setelah mengetahui adanya gading gajah yang sebagian besar terpendam oleh tanah, warga lantas memberitahukannya ke Museum Purbakala Patiayam

”Setelah kami ke lokasi, kami lakukan pengecakan. Terlihat pangkal gading dengan ukuran diameter garis tengah 8-9 cm,” ungkapnya.

Temuan tersebut juga diberitahukan kepada Dinas Kebudayaan, dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus dan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran. Hingga akhirnya, gading gajah purba itu berhasil dievakuasi pada awal Agustus 2022.

”Kami tunggu tenaga ahli dari Sangiran untuk menyelamatkan gading gajah tersebut. Baru awal Agustus 2022 kemarin kami kembali ke lokasi untuk penggalian dengan membuat layout. Awalnya asumsi sekitar 1,5-2 meter, tapi ternyata panjangnya 2,5 meter,” ucapnya.

Baca: Kepergok Jual Gading Gajah, Warga Pati Ini Diciduk Polisi

Tak hanya gading, setelah dilakukan evakuasi ternyata ada fragmen tulang belakang gajah purba yang ditemukan di koordinat yang sama.

”Lokasinya berada di tebing, jika diukur dari tebing paling tinggi, kedalaman sekitar dua meter. Akhirnya kami berhasil selamatkan dan kami bawa ke Museum Purbakala Patiayam,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.