Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tidak Banyak Perubahan, Ini Perbedaan Uang Lama dan Uang Baru

Tidak Banyak Perubahan, Ini Perbedaan Uang Lama dan Uang Baru
Uang Kertas baru tampak depan dan belakang (Murianews)

MURIANEWS, Jakarta – Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan tujuh uang kertas baru tahun emisi 2022. Memang tidak banyak perbedaan untuk uang baru tersebut, dibandingkan dengan uang kertas lama.

Dalam uang kertas yang baru pecahan Rp 1000 hingga Rp 100 ribu itu, gambar pahlawan, tarian, pemandangan alam, dan flora masih dipertahankan.

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono menerangkan, hal yang baru dalam uang rupiah kertas emisi 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang disebut lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

”Inovasi dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan,” ungkapnya, dikutip dari detik.com, Kamis (18/8/2022).

Baca: Simak! Ini Syarat dan Cara Penukaran uang Baru secara Online

Selain itu, dengan uang kertas yang baru ini kemungkinan untuk dapat dipalsukan akan sangat minim, lantaran kualitasnya yang semakin bagus.

”Lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Baca: Bank Indonesia Akan Meluncurkan Uang Kertas Baru, Seperti Apa?  

Setelah uang pecahan baru itu diluncurkan, ternyata masyarakat juga bisa untuk mendapatkan uang tersebut. Bahkan masyarakat bisa menukarkan uang lama, diganti dengan uang yang baru.

Untuk penukaran itu, masyarakat bisa melakukan melalui layanan tukar uang baru secara online dengan aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR).

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.