Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 18 Agustus: Hari Kelahiran Legenda Bulu Tangkis Indonesia Rudy Hartono di Tahun 1949

Catatan Sejarah Tanggal 18 Agustus: Hari Kelahiran Legenda Bulu Tangkis Indonesia Rudy Hartono di Tahun 1949
Foto: Rudy Hartono, legenda bulu tangkis Indonesia (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 18 Agustus dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 18 Agustus yang terjadi di berbagai negara, melansir Solopos.com dari beberapa sumber:

684

Pertempuran antara pasukan Kekhalifahan Umayyah dan Suku Qays meletus di Marj Rahit, dekat Damaskus, Suriah. Pertempuran pada masa Perang Saudara Islam II itu berhasil dimenangi pasukan Umayyah dan berhasil mengamankan kekuasaanya di Suriah.

1304

Pasukan Kerajaan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Flandaria dalam Pertempuran Mons-en-Pevele di Mons-en-Pevele, Flandaria. Pertempuran itu dipicu keinginan raja Prancis membalas dendam atas kekalahannya dari Flandaria pada Pertempuran Golden Spurs, dua tahun sebelumnya.

Baca juga: Ini Sejarah Hari Kucing Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 8 Agustus

1487

Pengepungan Kota Malaga di Spanyol yang dilakukan pasukan Kerajaan Kastilia dan Kerajaan Aragon selama hampir dua pekan berakhir. Pasukan Kerajaan Kastilia dan Kerajaan Aragon berhasil merebut Kota Malaga dari cengkeraman Keamiran Granada.

1940

Pertempuran antarpesawat tempur yang melibatkan pasukan Inggris dan pasukan Jerman meletus di Selat Inggris. Pertempuran meletus setelah Adolf Hitler memerintahkan pasukannya menyerbu Inggris melalui udara. Tak ada pemenang dalam peristiwa itu.

1945

Sehari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau disingkat UUD 1945 disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). UUD 1945 merupakan konstitusi pemerintahan Indonesia yang berlaku hingga kini.

1945

Soekarno dan Mohammad Hatta dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pertama Indonesia. Soekarno menjabat sebagai presiden Indonesia hingga 12 Maret 1967. Tiga tahun kemudian, Soekarno yang juga dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia meninggal dunia di Jakarta dan dimakamkan Blitar, Jawa Timur (Jatim).

1949

Rudy Hartono Kurniawan lahir pada 18 Agustus 1949, dia adalah seorang mantan pemain bulu tangkis Indonesia yang pernah memenangkan kejuaraan dunia pada 1980 dan Kejuaraan All England selama 8 kali pada 1960-an dan 1970-an.

1971

Australia dan Selandia Baru memutuskan menarik semua pasukan mereka dari Vietnam. Penarikan pasukan itu sekaligus mengakhiri keterlibatan Australia dan Selandia Baru pada Perang Vietnam.

1988

Kwon Ji-Yong lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi rap dengan nama panggung G-Dragon. Kwon Ji-Yong memulai kariernya di dunia hiburan sejak 2001 silam.

2005

Pemadaman listrik terjadi di seluruh wilayah di Pulau Jawa dan Pulau Bali secara bersamaan. Sekitar 100 juta orang tak dapat menggunakan listrik selama tujuh jam. Hal itu dianggap sebagai pemadaman listrik terburuk di Indonesia sepanjang sejarah.

2013

Sebanyak 10.000 orang Suriah melintasi perbatasan negara mereka demi mengungsi ke Irak. Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan alasan mengungsi tak jelas. PBB mengaku kewalahan membendung para pengungsi tersebut.

2018

Kofi Atta Annan adalah diplomat Ghana yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-7 sejak Januari 1997-Desember 2006. Annan dan PBB adalah penerima Hadiah Perdamaian Nobel 2001. Annan meninggal pada 18 Agustus 2018.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.