Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bank Indonesia Akan Meluncurkan Uang Kertas Baru, Seperti Apa?  

Bank Indonesia Akan Meluncurkan Uang Kertas Baru, Seperti Apa?  
Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Jakarta – Bank Indonesia (BI) rencananya hari ini, Kamis (19/8/2022) akan merilis uang kertas baru. Uang tersebut dalam bentuk pecahan mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu.

Rencananya, uang kertas emisi 2022 itu akan diluncurkan langsung oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

”Sebagai wujud optimisme agar Indonesia bangkit lebih kuat, BI bersama pemerintah mempersembahkan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 yang semakin berkualitas dan terpercaya,” tulis Perry, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (19/8/2022).

Baca: Jasa Penukaran Uang Baru Mulai Menjamur di Kudus 

Sebagaimana diketahui, untuk ketentuan gambar yang ada dalam uang kertas adalah sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 tentang penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI.

”Penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional sebagaimana dimaksud telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing,” tulis Kepres tersebut.

Sementara nama pahlawan yang sudah dijadikan gambar dalam mata uang adalah Ir Soekarno Mohammad Hatta sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp100 ribu.

Baca: Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Baru Bermunculan di Pati

Kemudian H Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp50 ribu. Ratulangi sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20 ribu. Frans Kaisiepo sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp10 ribu.

Selanjutnya, Idham Chalid sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp5 ribu. Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp2 ribu. Tjut Meutia sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp1.000.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndoensia.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.