Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jangan Samakan Mobil, Ini Cara Aman Menyalip Bus dan Truk

Jangan Samakan Mobil, Ini Cara Aman Menyalip Bus dan Truk
Foto: Ilustrasi (Robert Wheatley dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Saat berkendara motor di jalan raya, ada yang perlu diperhatikan ketika mau menyalip kendaraan. Terutama, kendaraan besar, seperti bus dan truk.

Hal ini penting diketahui guna menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selauh ini, masih banyak kejadian kecelakaan lalu lintas yang diawali dari menyalip.

Banyak pengendara yang menyamakan truk dan bus dengan mobil ketika hendak menyalip. Padahal, hal ini berbeda karena ukuran bus dan truk lebih besar dan panjang dari mobil biasa.

Baca juga: Ini Pentingnya Pemakaian Balaclava saat Berkendara Motor

Melansir dari Gridoto, Head of Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (WMS) main dealer motor Honda Jakarta dan Tangerang Agus Sani memberi tips cara menyalip truk atau bus dengan motor yang aman.

Agus berujar ketika menyalip kendaraan besar seperti bus dan truk dibutuhkan kehati-hatian ekstra. Karena pengemudi truk atau bus memiliki blind spot atau titik tidak terlihat lebih banyak terhadap kendaraan kecil seperti motor.

Menurutnya, hal pertama yang harus diperhatikan saat akan menyalip truk dan bus dengan motor adalah melihat atau memerhatikan kondisi jalan di depan.

Kemudian, pastikan jalur dari arah berlawanan benar-benar kosong saat ingin menyalip. Sebab, dimensi bus dan truk yang lebih panjang bikin waktu menyalip menjadi lebih lama.

Agus juga mewanti agar tidak menyalip ketika kondisi jalan berbelok. Alasannya sangat berbahaya karena kendaraan dari arah berlawanan sulit terlihat.

Setelah memastikan kondisi jalan arah berlawanan aman untuk menyalip, perhatikan posisi motor saat menyalip. Artinya posisi motor harus menjauh dari badan truk atau bus.

”Karena kalau posisi motor terlalu dekat dengan badan bus atau truk, akan susah terlihat dari spion pengemudi truk atau bus,” sambungnya.

Pastikan posisi motor ada di titik yang dapat terlihat oleh pengemudi dari spion. Ini bertujuan agar pengemudi tahu ada motor yang akan menyalipnya.

Agus juga menyarankan sebelum menyalip kendaraan besar, pengendara harus mempersiapkan tenaga mesin dari motornya. Dengan tenaga mesin yang siap, proses menyalip jadi lebih cepat.

”Kalau tipe motor sport kalian bisa mulai menyalip menggunakan gigi rendah agar tenaga mesin cepat terkail. Kalau gunakan tipe motor matic, berarti harus mengambil ancang-ancang yang lebih jauh agar kecepatan motor saat menyalip sudah tinggi,” tutupnya.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.