Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tari Tentang Patriotisme Khas Grobogan Ini Tampil Dalam Upacara HUT RI

Tari Tentang Patriotisme Khas Grobogan Ini Tampil Dalam Upacara HUT RI | MURIANEWS
Tari Angguk ditampilkan dalam upacara HUT ke-77 RI di Kecamatan Grobogan, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Tari angguk merupakan kesenian khas Kabupaten Grobogan. Kesenian itu menggambarkan tentang patriotisme prajurit yang gagah berani.

Dalam upacara HUT ke-77 RI di Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022), tari angguk ditampilkan.

Adalah para pelajar SMAN 1 Grobogan yang menampilkan tarian tersebut. Dengan menggenakan pakaian tradisional berwarna merah dan kuning, mereka menunjukan kebolehannya.

Camat Grobogan Prapti menyebut tari tersebut nyaris punah. Dengan ditampilkannya tari angguk dalam upacara HUT RI, ia berharap masyarakat mengetahui kesenian dan kebudayaan khas Grobogan.

”Kami berharap seni budaya tari ini dalam momentum HUT ke-77 RI ini bisa tersosialisasikan kepada masyarakat,” ungkap Camat.

Baca: Puluhan Pelajar di Grobogan Ikut Selamatkan Kesenian Tari Angguk dari Ancaman Kepunahan

Menurut dia, tari tersebut penting diketahui oleh generasi muda masa kini. Sebab, tari itu nyaris tidak dikenali oleh warga Grobogan.

”Tarian yang menjadi salah satu khas Grobogan ini diharapkan setelah diketahui, kemudian dipelajari dan diuri-uri kelestariannya,” paparnya.

Salah satu penari Angguk, Karina mengatakan, tarian yang dibawakannya tersebut menggambarkan prajurit yang gagah dan berani. Dia mengaku butuh waktu berlatih selama seminggu bersama teman-temannya.

”Tarinya ini menggambarkan prajurit dengan keberanian. Latihannya seminggu, sebetulnya susah. Tapi karena temannya banyak jadi lebih mudah,” kata Karina.

Untuk diketahui, digelarnya upacara HUT RI di lapangan ini menjadi pertama kalinya sejak masa pandemi Covid-19. Pada dua tahun sebelumnya, upacara digelar dengan sangat sederhana dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.