Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Pesan Gus Yahya di Literasi Digital Yayasan Assalam Kradenan Grobogan

Ini Pesan Gus Yahya di Literasi Digital Yayasan Assalam Kradenan Grobogan
Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya. (Murianews/Istimewa TVNU)

MURIANEWS, Grobogan – Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau akrab disapa Gus Yahya hadir secara virtual dalam kegiatan Literasi Digital Sarana Belajar Gen Z yang diselenggarakan Yayasan Assalam Kradenan Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Di acara yang digelar Selasa (16/8/2022) itu, Gus Yahya mengingatkan masyarakat untuk menguji informasi yang diterima. Informasi haruslah dipastikan kebenarannya dan faktualitasnya agar tidak menimbulkan dampak negatif.

”Alhamdulillah, saat ini kami siap melakukan kick off gerakan literasi digital oleh NU. Ini merupakan kerja sama antara NU dengan Kemenkominfo yang melibatkan partisipan yang luas, baik di lingkungan NU dan juga terbuka bagi pihak manapun yang ingin ikut serta dalam gerakan ini,” ungkapnya.

Baca: Hadapi Tantangan Global, Yayasan Assalam Kradenan Grobogan Gelar Literasi Digital

Menurut Gus Yahya, kegiatan literasi digital menjadi ikhtiar bersama. Sebab, pergaulan digital sudah makin mendominasi ruang hidup.

Dengan penguatan literasi digital, ia berharap pergaulan digital itu dapat memberikan maslahat adan menghindari potensi negatif yang mungkin timbul di tengah masyarakat.

Lebih lanjut, Gus Yahya menekankan, informasi yang disebarkan harus teruji kebenarannya, faktualitasnya, dan kredibilitasnya. Kemudian, khusus menyangkut informasi yang menyangkut dengan agama, NU memiliki concern yang fundamental.

”Bahwa di dalam wawaasan NU, agama adalah sesuatu yang bukan hanya terkait dengan dimensi kognitif saja. Bukan hanya informasi yang terkait dengan aqliyah saja, tetapi juga menyangkut dimensi ruhaniah yang lebih dalam,” kata dia.

Sebab, lanjutnya, menjalankan tuntunan agama Islam bukan hanya berpikir tentang apa yang benar atau akurat secara akal, tapi juga memberikan barokah.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf secara virtual. LP Ma’arif PBNU Esti Purnawinarni, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Grobogan Mansata Indah Maratona, Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Grobogan Ahmad Muhdlori.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Serba Guna Assalam, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (16/8/2022). Agenda itu kerja sama dengan PBNU dan Kemenkominfo.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.