Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1770 Meter di Laut, Polres Pati Catatkan Rekor Leprid

Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1770 Meter di Laut, Polres Pati Catatkan Rekor Leprid
Pembentangan bendera merah putih sepanjang 1770 meter di laut Juwana, Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Jajanan Polres Pati, TNI Angkat Laut dan nelayan Kabupaten Pati mencatatkan rekor. Mereka membentang bendera sepanjang 1770 meter menjelang proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 77.

Pembentangan ini dilakukan di Laut Jawa tepatnya di Perairan Juwana, Kabupaten Pati, Rabu (17/8/2022) pagi. Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) Paulus Pangka turut menyaksikan pembentangan bendera ini.

”Ini kegiatan pembentangan bendera merah putih di laut Jawa dalam rangka detik-detik proklamasi. Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke 77,” ujar Kapolres Pati AKBP Christian Tobing.

Baca: Pemkot Semarang Sukses Pecah Rekor Leprid

Menurutnya, pembentangan bendera ini bertujuan membentuk rasa gotong royong antar unsur agar tercipta rasa aman dan nyaman serta terbentuknya jiwa nasionalisme.

”Ini untuk mengenang perjuangan darah dan air mata perjuangan yang luar biasa. Wujud menghargai kemerdekaan dengan kegiatan positif. Kita memaknai kemerdekaan dengan semangat cinta tanah air, keragaman dan kebhinekaan bersama dengan warga masyarakat,” lanjut dia.

Bendera yang dibentangkan ini merupakan karya masyarakat Desa Mojomulyo, Kecamatan Tambakromo. Bendera ini mempunyai panjang 1770 meter dengan tinggi 3 meter.

Dengan terbentangnya bendera ini, Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) Paulus Pangka memberikan penghargaan kepada Polres Pati lantaran sudah memprakarsai pembentangan bendera terpanjang yang dilakukan di laut.

”Ini kami berikan penghargaan kepada Polres Pati memecahkan rekor pembentangan bendera sepanjang 1770 meter di laut Jawa dengan menggunakan kapal nelayan,” kata Paulus.

 

Reporter: Umar Hanafi

Editor: Zulkifli Fahmi

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.