Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

FIFA Buatkan Peta Jalan Untuk Krisis AIFF

AIFF Dibekukan

FIFA membekukan AIFF (Federasi Sepak Bola India). (grafis)

MURIANEWS, Jakarta – FIFA dikabarkan langsung membuatkan peta jalan untuk bisa segera mengambil langkah penyelesaikan bagi masalah di Federasi Sepak Bola India (AIFF). Bersama AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia), FIFA telah mengirim Tim dipimpin Widsor John (Sekjend AFC), bertemu para pemangku kepentingan di India.

Mereka datang ke India untuk menyerahkan peta jalan agar AIFF bisa segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelamatkan sepak bola India. Diantaranya adaah untuk segera mengamandemen statuta mereka sampai akhir Juli dan kemudian mengadakan pemilihan paling lambat 15 September.

Pembekuan AIFF dipastikan akan mempengaruhi agenda sepak bola dunia, Piala Dunia U-17 Wanita. Even ini seharusnya akan digelar pada 11 Oktober 2022, di India. Namun dengan keputusan FIFA ini, agenda itu tidak akan berlangsung sesuai rencana.

Beberapa alasan diambil FIFA saat menjatuhkan sanksi pembekuan terhadap All India Football Federation (AIFF) pada Selasa (16/8/2022). Paling utama adalah saat Mahkamah Agung India membubarkan pengurus AIFF pada Mei 2022 dan menunjuk Komite Administrator yang diisi tiga anggota untuk mengelola sementara tata kelola sepak bola India.

Pengadilan tinggi memutuskan hal tersebut setelah mantan Ketua Umum AIFF Praful Patel tetap menjabat di luar masa jabatannya tanpa pemilihan baru, yang diputuskan oleh pengadilan tidak sah.

BACA JUGA: Federasi Sepak Bola India Dibekukan FIFA

Selain membentuk Komite Administrator, Mahkamah Agung India kemudian juga meminta Komite Eksekutif AIFF untuk menggelar pemilihan sesuai jadwal yang diusulkan oleh Komite Administrator (CoA). Intervensi dari pengadilan tinggi India ini dinilai melanggar Statuta FIFA.

“Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA,” tulis FIFA dikutip dalam rilisnya di situs resmi mereka.

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,” lanjut pengumuman FIFA tersebut.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: FIFA

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.