Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Federasi Sepak Bola India Dibekukan FIFA

FIFA
FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India. (Grafis)

MURIANEWS, Jakarta – Federasi Sepak Bola India (AIFF) dibekukan oleh FIFA, setelah dinilai melakukan beberapa pelanggaran Statuta FIFA. AIFF diantaranya telah mengalami intervensi dari pihak ketiga, dan dianggap melakukan pelanggaran. FIFA membekukan AIFF pada Selasa (16/8/2022).

FIFA dalam hal ini menyampaikan keputusannya kepada dunia melalui situs resmi mereka. Melalui situs resminya, FIFA mengumumkan telah membekukan AIFF dalam waktu yang belum bisa ditentukan.

Keputusan FIFA dilakukan setelah mereka mengetahui adanya campur tangan pihak pengadilan tertinggi di India. Pengadilan Tertinggi di India diketahui telah membubarkan AIFF, dan menunjuk tiga orang anggota untuk menjadi Komite Administrator yang mengurusi sepak bola di India.

Langkah yang diambil oleh Pengadilan Tertinggi di India terhadap AIFF dinilai FIFA sebagai langkah intervensi dari pihak ketiga. Sementara sesuai dengan Statuta FIFA, menyebutkan bahwa setiap federasi anggota FIFA bebas dari campur tangan hukum dan politik.

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,” tulis FIFA dalam rilisnya, Selasa (16/8/2022).

BACA JUGA: FIFA Match Day, Timnas Indonesia Jajaki 3 Negara Jadi Calon Lawan

Langkah selanjutnya yang diambil oleh FIFA terkait krisis di India ini adalah melakukan komunikasi dengan Kementrian Olahraga India. Pembicaraan ini diharapkan bisa mencapai langkah positif untuk menangani kasus yang terjadi.

AIFF saat ini dijalankan oleh komite administrator setelah mantan ketua Praful Patel tetap menjabat di luar masa jabatannya tanpa pemilihan baru. Hal inilah yang memicu munculnya keputusan dari pengadilan di India.

Pengadilan tertinggi India dalam hal ini juga memerintahkan agar digelar pemilihan ketua dengan segera. Selain itu, juga menyatakan komite terpilih menjadi badan interim selama periode tiga bulan.

Pemilihan Ketua AIFF sendiri seharusnya sudah dilakukan pada Desember 2020 lalu. Namun hal itu tetunda karena adanya kebuntuan atas proses amandemen konstitusi.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: FIFA

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.