Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Papua

KKB Berulah Lagi, Bakar Fasilitas Umum dan Gedung Pemerintahan  

KKB Berulah Lagi, Bakar Fasilitas Umum dan Gedung Pemerintahan  
KKB  membakar fasilitas umum (Dok. Polda papua)

MURIANEWS, Papua – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI. Kali ini, terjadi insiden baku tembak antara KKB dan aparat keamanan di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Kombes Faizal Ramadhani mengatakan, pergerakan BBK menjelang HUT Kemerdekaan RI ini sudah terdeteksi sebelumnya. Sehingga aparat keamanan menyiagakan pasukan untuk menghalau KKB tersebut.

”Sebetulnya dari laporan intelijen, kita sudah mengantisipasi sejak beberapa waktu lalu dan kita sudah memberikan arahan di sembilan daerah yang menjadi sasaran operasi damai cartenz, terkait kejadian-kejadian atau penyerangan yang dilakukan oleh KKB,” kata Faizal, dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Baca: Aksi Biadab KKB Papua Tembaki Warga Sipil di Nduga, Ada Sepuluh Orang Tewas

Menurutnya, sekalipun petugas keamanan sudah siaga, memang masih ada beberapa titik yang dilakukan penyerangan oleh KKB. Tetapi tidak ada korban jiwa.

”Memang ada beberapa titik yang diserang tapi tidak ada korban jiwa dan sudah direspons,” jelas Faizal.

Dia juga menegaskan bahwa selama baku tembak itu, aparat keamanan tidak diperbolehkan keluar dari pos sehingga risiko jatuhnya korban jiwa bisa dihindari.

Baca: 3 Warga Papua Dilaporkan Meninggal, Diduga Ditembak KKB

Namun, KKB kemudian melakukan pembakaran pada sejumlah bangunan, termasuk fasilitas umum dan rumah warga.

”Yang terbakar itu satu gedung barak Dinas Pemuda dan Olahraga. Untuk pembakaran honai, kita sedang data, tapi karena anggota sedang siaga sehingga untuk olah TKP dan pendataan akan dilakukan setelah situasi dianggap kondusif,” kata dia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.