Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bharada E Jadi Justice Collaborator, Siap Ungkap Pihak yang Terlibat  

Bharada E Jadi Justice Collaborator Siap Ungkap Pihak yang Terlibat

Bharada E tersangka kasus pembunuhan Brigadir J (CNNIndonensia.com)

MURIANEWS, Jakarta – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyatakan bahwa Bharada E memenuhi telah memenuhi syarat untuk menjadi justice collaborator dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

LPSK mengungkap bahwa Bharada E telah berjanji dan siap untuk membuka tabir misteri kasus penembakan Brigadir J ini. selain itu, bharada E juga berjanji untuk mengungkap pihak-pihak yang terkait dalam penembakan itu.

Ketua LPSK Hasto Atmojo mengatakan, Bharada E akan mengungkap peran orang lain yang dikatakannya lebih besar dari dia dan atasannya.

”Dia bersedia untuk mengungkap, bahkan pada orang-orang yang mempunyai peran jauh lebih besar ketimbang dia atau atasannya di dalam tindak pidana ini,” kata Hasto, dikutip dari Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Baca: Bharada E Ganti Pengacara Baru, Ronny Talapessy

Menurut Hasto, Bharada E juga telah menyatakan kesediaannya untuk memberikan informasi ke penegak hukum soal fakta-fakta yang berkaitan dengan kematian Brigadir J.

Alasan lain diterimanya permohonan Bharada E sebagai justice collaborator adalah karena menurut LPSK dia bukan pelaku utama.

Kendati turut terlibat dalam penembakan Brigadir J, peran Bharada E dalam kasus ini dinilai minim.

”Bahkan keterlibatannya di dalam perencanaan dan sebagainya itu masih kita dalami apakah yang bersangkutan memang menjadi mastermind atau bagaimana,” ujar Hasto.

Baca: LPSK Pastikan Nyawa Bharada E Tak Direnggut Orang Hingga Persidangan

LPSK juga menilai, Bharada E tak punya niat membunuh dan diduga diperintahkan oleh atasannya untuk menembak Yosua.

”Yang jelas kami melihat bahwa peran yang bersangkutan ini kecil dan kami melihat memang yang bersangkutan sebenarnya tidak punya mensrea atau niatan untuk melakukan pembunuhan,” tutur Hasto.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.