Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Para Napi Kedungpane Semarang pun Berseragam Pramuka

Upacara Hari Pramuka di Lapas Kelas I Semarang. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Para narapidana (napi) di Lapas Kelas I Semarang (Lapas Kedungpane) ikut memeringati Hari Pramuka tahun 2022. Para napi ikut mengenakan seragam Pramuka lengkap dan mengikuti upacara, Senin (15/8/2022).

Para petugas upacara itu mulai dari komandan upacara, pengibar bendera semuanya merupakan warga binaan, dan mereka kompak memakai seragam Pramuka.

Pramuka di Lapas Kelas 1 Semarang Semarang ini masuk dalam Gugus Depan 07.131 yang terbentuk sejak tanggal 12 Agustus 2015 yang telah dikukuhkan oleh Dewan Kehormatan Kwartir Cabang Kota Semarang.

Kalapas Semarang Tri Saptono Sambudji selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Lapas Semarang mengatakan, langkah ini diambil sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan nasionalisme dan Cinta Tanah Air.

Baca: 14 Agustus Hari Pramuka, Ini Sejarah Kepemimpinan Pramuka dari Masa ke Masa

Bukan hanya pada momen hari Pramuka ini saja dilaksanakan upacara, pihaknya juga tetap melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin yang di ikuti narapidana.

Selain itu, tim pramuka Lapas Semarang juga diperbantukan untuk mengawasi jalannya pelaksanaan kunjungan tatap muka keluarga narapidana di lapas.

”Mereka kita latih untuk mengabdi dan melayani para keluarga narapidana yang berkunjung ke Lapas. Dengan membawakan barang bawaan makanan, pengecekan berkas kunjungan serta pengawasan area kunjungan,” katanya.

Kalapas juga berpesan kepada narapidana untuk selalu mengisi kegiatan positif selama di Lapas yaitu dengan pembinaan kepribadian dalam bidang kepramukaan.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.