Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kedatangan Jemaah Kloter SOC 43 Tutup Penyelenggaraan Haji 1443 H

Kedatangan Jemaah Kloter SOC 43 Tutup Penyelenggaraan Haji 1443 H
Foto: Sekjen Kemenag Nizar Ali saat melepas keberangkatan jemaah haji SOC 43 di Bandara AMAA Madinah, Sabtu (13/8/2022). (kemenag.go.id)

MURIANEWS, Solo – Jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 43 Embarkasi Solo (SOC 43) tiba dengan selamat di Bandara Adi Soemarmo, Minggu (14/8/2022). SOC 43 menjadi kloter terakhir jemaah gelombang kedua yang pulang ke Tanah Air melalui Bandara AMAA Madinah.

Pesawat GIA 6243 yang membawa 354 jemaah SOC 43 mendarat pukul 05.55 Wib di Bandara Adi Soemarmo. Rombongan kepulangan jemaah haji kloter terakhir ini berasal dari Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Purbalingga.

Turun dari pesawat, jemaah haji langsung menaiki bus menuju Asrama Haji Donohudan di Menjing, Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Baca juga: Badai Pasir di Bandara Madinah Mewarnai Kepulangan Jemaah Haji Kloter SUB 32

”Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah Swt, jemaah haji kita telah kembali semua ke tanah air,” kata Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in, saat menyambut jemaah haji SOC 43, Minggu (14/8/2022).

”Jemaah kita (Jawa Tengah) yang wafat sampai saat ini sebanyak 18 orang. Sedangkan jemaah yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi sebanyak 1 orang atas nama Tri Wahyu Sulistyoningsih dari SOC 16 Kota Semarang di rawat di RS AL NOER Makkah,” sambung Musta’in, seperti dikutip dari laman Kementerian Agama.

Musta’in dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu jalannya operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

”Jemaah yang masuk Embarkasi Solo ada 44  Kloter sebanyak 15.459 orang. Dengan rincian 15.191 jemaah, 172 Petugas Haji Kloter, 83 Petugas Haji Daerah dan 13 Pembimbing KBIHU. Jemaah yang diberangkatkan ke tanah suci 44 Kloter sebanyak 15.447 orang. Dengan rincian 43 kloter berangkat dari Embarkasi Solo dan 1 kloter terdiri dari 20 orang berangkat dari  Embarkasi Pondok Gede Jakarta,” kata Musta’in.

Dirjen PHU, Hilman Latief menyampaikan bahwa seluruh prosesi penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M berakhir hari ini. Menjadi sebuah kebahagiaan sebab seluruh proses ibadah haji yang telah tertunda dua tahun akhirnya dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

”Terima kasih dan syukur alhamdulillah, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan lancar. Selamat datang kembali ke tanah air. Jemaah haji SOC 43 menjadi penutup prosesi penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” kata Hilman Latief.

Hilman menyampaikan bahwa sampai saat ini data jemaah wafat keseluruhan sebanyak 89 orang. ”Selamat berkumpul kembali dengan keluarga, menjadi haji yang mabrur,” tandas Hilman.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenag.go.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.