Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 14 Agustus: Gerakan Pramuka Dikenalkan di Tahun 1961 yang Ditetapakan Jadi Hari Pramuka

Catatan Sejarah Tanggal 14 Agustus: Gerakan Pramuka Dikenalkan di Tahun 1961 yang Ditetapakan Jadi Hari Pramuka
Foto: Ilustrasi Hari Pramuka (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 14 Agustus dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 14 Agustus yang terjadi di berbagai negara, melansir Solopos.com dari beberapa sumber:

1040

Raja Alba, Duncan I, tewas dalam pertempuran melawan pasukan Kerajaan Moray yang dipimpin Macbeth, yang tak lain adalah sepupu Duncan I. Setelah Duncan I tewas, Macbeth berhasil naik takhta menjadi raja Alba.

1480

Sebanyak 813 orang di Otranto, Kerajaan Napoli dibantai pasukan Kesultanan Ottoman karena tak bersedia memeluk Islam. Ini terjadi di masa Perang Otranto antara pasukan Kesultanan Ottoman dengan Pasukan Napoli yang dibantu pasukan Aragon dan Hungaria.

Baca juga: Ini Sejarah Hari Pramuka yang Diperingati Tiap Tanggal 14 Agustus

1880

Katedral Koln di Kota Koln, Jerman selesai dibangun. Katedral Koln yang dibangun sejak 1248 itu memiliki tinggi 157,4 meter dan memegang rekor sebagai katedral tertinggi di dunia hingga 1890.

1916

Setelah Perang Dunia I berlangsung selama dua tahun, Rumania mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria. Dalam deklarasi itu, Rumania menyatakan bergabung dengan Sekutu di Perang Dunia I. Sebelumnya, Rumania merupakan negara netral dalam PD I.

1941

Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, dan Presiden Amerika Serikat (AS), Franklin D. Roosevelt, menandatangani Piagam Atlantik. Berisi kesepakatan bersama dalam masalah keamanan dan ekonomi dan berisi kesepakatan yang harus dipatuhi Inggris dan AS jika Perang Dunia II berakhir.

1945

Presiden Harry S. Trauman mengumumkan kepada dunia bahwa Jepang telah bersedia menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Beberapa hari sebelumnya, pemerintah Jepang telah mengumumkan hal tersebut kepada rakyatnya.

1947

Pakistan meraih kemerdekaan penuh dari Inggris yang telah mengontrolnya sejak abad ke-18. Sembilan tahun kemudian, negara tersebut secara resmi bernama Republik Islam Pakistan.

1961

Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibu kota Jakarta, tetapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Di Jakarta sekitar 10.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta.

Sebelum kegiatan pawai/defile, Presiden melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, di Istana negara, dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai. Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka.

1971

Bahrain mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris. Sebelumnya, Bahrain telah dikuasai Inggris sejak abad ke-18. Sehari setelah mendeklarasikan kemerdekaannya, Bahrain mendapatkan pengakuan kedaulatan dari Inggris.

1984

Giorgio Chiellini lahir di Pisa, Italia. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Italia, yakni Juventus. Chiellini bergabung dengan Juventus sejak 2005 silam.

2006

Kapal tanker milik Jepang menumpahkan sekitar 4.500 ton minyak ke Samudera Hindia setelah menabrak kapal lain yang sedang dalam dalam misi penyelamatan. Tumpahan minyak itu menjadi tumpahan terbesar yang melibatkan kapal tanker Jepang.

2007

Bom yang meledak di Kota Kahtaniya, Provinsi Yazidi, Irak, akibat ledakan bom tersebut telah menewaskan sedikitnya 796 orang.

2013

Pemerintah Mesir mengumumkan keadaan darurat nasional pasca-tewasnya ratusan pengunjuk rasa pendukung Presiden Muhammad Mursi yang terkudeta akibat serangan aparat keamanan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.