Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tradisi Buka Luwur Mbah Panggung di Langgardalem Kudus Kembali Digelar, Ini Acara Pembukanya

Tradisi Buka Luwur Mbah Panggung di Langgardalem Kudus Kembali Digelar, Ini Acara Pembukanya
Foto: Pelepasan luwur makam Mbah Panggung, Minggu (Murianews/Panitia Buka Luwur)

MURIANEWS, Kudus – Tradisi Buka Luwur Mbah Panggung di Desa Langgardalem Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kembali digelar tahun ini. Rangkaian acaranya diawali dengan pelepasan luwur makam pada Minggu (14/8/2022).

Mbah Panggung memiliki nama asli Raden Irsyad. Beliau merupakan sesepuh ataupun tokoh agama sekaligus alim ulama yang ada di Desa Langgardalem, 200 tahun setelah masa Kanjeng Sunan Kudus.

Acara haul atau buka luwurnya pun terus diperingati dari tahun ke tahun. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelestarian budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Baca jugaSisi Lain Buka Luwur Sunan Kedu di Kudus: Warga Barter Sembako dengan Nasi Berkah Godong Jati

Ketua panitia tradisi Buka Luwur Mbah Panggung Yusuf Perdana menyampaikan, panitia mulai melepas luwur atau kelambu area makam pukul 06.00 WIB pagi tadi. Kegiatan diawali dengan pembacaan doa dan selawatan.

Kemudian dilanjutkan dengan kepungan atau makan bersama. Setelah ini, barulah dilaksanakan prosesi pelepasan luwur lama.

”Setelah luwur lama dilepas, luwur baru akan dibuat. Pemasangan luwur baru akan dilakukan pada tanggal 21 Agustus mendatang,” ucap Yusuf.

Acara kemudian berlanjut ke kegiatan yasinan dan doa-doa kepada Nabi Muhammad SAW di tanggal 23 Agustus. Kemudian diadakan ziarah umum yang dilaksanakan tanggal 24 Agustus.

Pada tanggal itu pula, digelar pengajian umum, khotmil Qur’an, terbangan, pemasakan nasi buka luwur dan pembagian berkat.

”Puncaknya acara peringatannya memang pada tanggal 24 Agustus itu,” pungkas dia.

 

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Dani Agus

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.