Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Biar Reels dan Story Instagram Terlihat Rapi, Perhatikan Resolusi dan Rasio yang Pas

Biar Reels dan Story Instagram Terlihat Rapi, Perhatikan Resolusi dan Rasio yang Pas
Foto: Ilustrasi pakai Instagram (Solen Feyissa dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Bagi pengguna Instagram, Reels dan Story bukanlah hal asing. Fitur-fitur dari Instagram tersebut sering digunakan untuk membagikan kegiatan maupun sekadar berinteraksi dengan pengikut.

Agar Reels dan Strory terlihat rapi dan menarik orang, sebaiknya jangan asal bikin.

Pasalnya, kedua fitur ini juga punya ukuran konten masing-masing agar terlihat menarik, rapi dan enak dilihat.

Baca juga: Ini Penyebab Akun Instagram Dikunci Sementara dan Cara Mengatasinya

Video maupun gambar akan terlihat jelas dan tidak terpotong jika Reels dan Story dibuat dengan ukuran yang tepat. Karena alasan itu, penting untuk pengguna mengetahui ukuran yang tepat saat memposting Reels dan Story.

Melansir dari Gadgetren, ukuran Reels dan Story Instagram sebenarnya mengikuti ukuran layar smartphone penggunanya, baik itu Android maupun iOS.

Untuk gambar dan video, ukuran keduanya ada pada angka rasio 9:16. Sementara untuk resolusi disarankan pada 1080 x 1920 pixel.

Sekadar diketahui, rasio adalah perbandingan lebar dan tinggi pada gambar. Umumnya rasio tertulis sebagai x:y yang artinya x adalah lebar dan y berarti tinggi.

Sedangkan resolusi jadi tolok ukur yang sangat penting pada sebuah gambar maupun video yang merupakan susunan sebuah pixel yang merangkai lebar dan tinggi pada gambar. Gambar akan terlihat buram, pecah-pecah dan tidak enak dilihat saat resolusinya rendah.

Gambar akan lebih bagus saat resolusinya tinggi, contoh resolusi yang digunakan seperti 1080 x 1920 piksel, 1080 x 1080 piksel, 600 x 600 piksel, dan masih banyak lagi. Dengan resolusi tinggi, pengikut akan lebih puas menikmati konten yang disajikan pada Feed Instagram.

Disamping untuk memposting video dan foto, Reels dan Story juga sering digunakan untuk menyematkan konten lain, seperti gif, stiker, efek, musik, dan teks. Story biasa dimanfaatkan pengguna dengan jumlah pengikut banyak untuk disematkan link yang akan diarahkan pada halaman link tersebut.

Ada perbedaan antara Reels dan Story yang terdapat pada durasi penayangannya. Untuk Reels bersifat permanen yang tampil di Feed, halaman profil hingga tab Reels.

Sementara Story otomatis terhapus setelah 24 jam. Tapi pengguna masih dapat melihatnya pada Arsip Story.

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.