Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mau Berwisata ke Umbul Ponggok Klaten? Ini Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Mau Berwisata ke Umbul Ponggok Klaten? Ini Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan
Foto: Umbul Ponggok Klaten (ponggok.desa.id)

MURIANEWS, Klaten – Desa Wisata Ponggok, di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah adalah salah satu destinasi wisata yang saat ini lagi digandrungi wisatawan. Potensi alam Desa Ponggok berasal dari beberapa sumber mata air yang dimiliki.

Sumber air yang berlimpah ini dulunya hanya digunakan untuk irigasi sawah dan perkebunan saja. Namun kini masyarakat memanfaatkan sumber air tersebut sebagai destinasi wisata.

Destinasi unggulan Desa Ponggok adalah Umbul Ponggok, yang sempat viral beberapa tahun lalu. Di lokasi ini wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas, seperti berenang, snorkeling, latihan menyelam, hingga berswafoto di bawah air.

Baca juga: Destinasi Wisata Batu Putih Klaten, Nikmati Pemandangan Tebing Batu Kapur yang Menawan

Melansir dari Kompas.com, wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk membayar tiket masuk ketika weekdays. Sementara untuk weekend, tarif tiket masuk dibanderol Rp 15.000.

Dengan membayar tiket masuk, wisatawan sudah bisa menceburkan diri ke dalam kolam yang segar. Walau demikian, berenang bukan satu-satunya aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Umbul Ponggok.

Di sini pengunjung dapat melakukan aktivitas lain seperti snorkeling, diving, underwater walker, hingga foto bawah air. Tapi wisatawan harus mengeluarkan biaya lagi agar dapat melakukan beragam aktivitas itu.

Di bawah ini info tarif foto bawah air dan beragam aktivitas di Umbul Ponggok:

Snorkeling

Snorkeling bisa jadi solusi bagi wisatawan yang tidak bisa berenang tapi ingin menjelajah kolam Umbul Ponggok. Untuk melakukan aktivitas ini hanya perlu menyewa perlengkapan seperti kacamata snorkel Rp 15.000, rompi pelampung Rp 10.000, dan kaki katak Rp 10.000.

Diving

Di sini wisatawan juga bisa menyelam dengan perlengkapan lengkap seperti alat selam layaknya tabung oksigen. Di Umbul Ponggok, tarif paket diving selama satu jam dibanderol Rp 250.000 per orang lengkap dengan perlengkapan diving, instruktur, dokumentasi foto serta video.

Underwater Walker

Seperti namanya, wisatawan dapat melakukan aktivitas berjalan di dasar kolam Umbul Ponggok yang airnya jernih dan dipenuhi ikan. Saat melakukan underwater walker, wisatawan telah disiapkan peralatan seperti helm sehingga dapat bernapas di dalam air. Untuk tarifnya, aktivitas ini dibanderol Rp 150.000 per orang selama 20 menit yang dilengkapi dengan fasilitas dokumentasi foto dan video.

Foto bawah air

Bagi yang ingin berfoto di dalam air, pihak Umbul Ponggok akan menyiapkan properti yang diinginkan. Tarif foto bawah air tergantung properti yang digunakan, untuk lengkapnya ada di bawah ini.

Natural (tanpa properti, hanya dokumentasi foto bawah air)

Rp 60.000 untuk maksimal 4 orang

Rp 100.000 untuk maksimal 7 orang

Kursi

Rp 90.000 untuk maksimal 4 orang

Rp 130.000 untuk maksimal 7 orang

Set laptop

Rp 120.000 untuk maksimal 4 orang

Rp 160.000 untuk maksimal 7 orang

Sepeda ontel

Rp 90.000 untuk maksimal 4 orang

Rp 130.000 untuk maksimal 7 orang

Kotak

Rp 60.000 untuk maksimal 4 orang

Rp 100.000 untuk maksimal 7 orang

Vespa atau sepeda motor (ada N-Max)

Rp 160.000 untuk maksimal 4 orang

Rp 160.000 untuk maksimal 7 orang

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.