Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Syukuran Panen, Warga di Lereng Merapi Boyolali Kirab Tembakau dan 77 Bendera Merah Putih

Syukuran Panen, Warga di Lereng Merapi Boyolali Kirab Tembakau dan 77 Bendera Merah Putih
Foto: Acara  kirab gunungan tembakau di Cepogo, Boyolali, Sabtu (13/8/2022) (joglosemarnews.com/Waskita)

MURIANEWS, Boyolali – Suasana Dukuh Candirejo, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah terlihat semarak, Sabtu (13/8.2022). Ini, lantaran warga tengah menyelenggarakan kirab gunungan tembakau dan 77 bendera merah putih.

Kirab dilaksanakan dalam rangka syukuran panen tembakau. Dilansir dari Detikjateng, kirab mulai dari kampung di lereng Gunung Merapi hingga situs cagar budaya Candi Sari.

”Kirab ini syukuran untuk panen tembakau, biar ke depan semakin bagus panenan tembakaunya, serta harganya bisa lebih baik dari kemarin,” kata Panitia Kirab Andrian Rega, disela-sela kegiatan.

Baca juga: Hasil Panen Laku Cukup Tinggi, Petani Tembakau di Grobogan Sumringah

Pelaksanaan kirab ini digelar dua kali. Pertama, kirab sesaji dan hasil bumi menuju situs Candi Sari. Sesaji kemudian dibawa ke halaman Candi Sari dan dilakukan doa bersama. Sedangkan kirab kedua berupa gunungan tembakau serta hasil bumi.

Ada empat gunungan tembakau yang disiapkan. Yakni, gunungan tembakau yang masih hijau, sudah matang, tembakau rajangan, dan tembakau krosok atau daun kering.

Kirab gunungan tembakau juga diikuti ibu-ibu yang membawa sejumlah hasil bumi, kelompok seni tari-tarian, dan 77 bendera merah-putih. Usai dikirab, ke-77 bendera tersebut kemudian dikibarkan berderet di dekat lokasi acara.

”Kebetulan saat ini kan momen 17-an (HUT RI 17 Agustus). Jadi kegiatan ini sekalian untuk pemasangan 77 bendera merah putih. Jumlah 77 bendera itu sesuai hari ulang tahun kemerdekaan RI tahun ini yang ke-77,” katanya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.