Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bocah Paksa Kakek Mengemis di Grobogan Dapat Bantuan Pendidikan

Bocah Paksa Kakek Mengemis di Grobogan Dapat Bantuan Pendidikan
MKKS SMA/SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Jateng memberikan bantuan dana pendidikan untuk B, remaja perempuan di Wirosari Grobogan, Jateng yang viral beberapa waktu lalu. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Bocah perempuan yang memaksa kakeknya mengemis di Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah mendapat bantuan pendidikan.

Bantuan pendidikan dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Jawa Tengah yang diberikan pada si bocah senilai Rp 5 juta.

Itu diungkapkan tetangga yang menampung si bocah viral itu, Pramono. Menurutnya, bantuan itu hanya bisa dicairkan saat anak perempuan itu lulus SD.

”Untuk bantuan biaya pendidikan dari MKKS hanya bisa dicairkan saat dia lulus SD. Nanti lulus SD baru bisa dicairkan Rp 1 juta, kemudian lulus SMP sebesar Rp 2 juta, dan lulus SMA bisa dicairkan Rp 2 juta,” papar Pramono.

Baca: Sedih, Kakek Renta di Grobogan Dipaksa Ngemis Cucu Sendiri

Diketahui, sejak viral karena diduga menghardik dan memaksa kakeknya mengemis, remaja perempuan itu kini tinggal bersama tetangganya. Sementara, sang kakek dibawa ke panti lansia untuk mendapat perawatan.

Pemerindah desa tempat tinggal remaja itu pun kemudian membentuk tim beranggotakan empat orang. Tim itu bertugas mengelola bantuan yang ditujukan pada si bocah. Selain Pramono, ada juga Sri Supadmi.

Menurut Pramono, jumlah bantuan tunai yang terkumpul, saat ini sebesar Rp 3,6 juta. Jika bantuan itu habis, maka segera dilakukan donasi lagi agar remaja putri itu tak terlantar.

Selain bantuan tunai, bocah perempuan itu juga mendapat bantuan sembako dari sejumlah dermawan.

”Ada beras, susu, telur, mie instan. Alhamdulillah, dengan keikhlasan masing-masing. Semua saya tempatkan di kamar dia,” tutur Sri, Sabtu (13/8/2022).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, remaja perempuan di Wirosari, Grobogan, viral di media sosial gara-gara menyuruh kakeknya mengemis. Belakangan diketahui, orangtua bocah tersebut tidak diketahui keberadaannya.

Sang neneknya telah meninggal tahun lalu, dan dia hanya tinggal bersama kakeknya yang sudah renta. Kini, sang kakek pun telah dibawa ke panti lansia.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.