Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Banyak yang Sering Keliru, Begini Menulis HUT RI yang Benar

MURIANEWS, Kudus – Ungkapan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia mulai marak, salah satunya di media sosial. Namun, tidak sepenuhnya penulisannya tertulis dengan benar.

Lantas, bagaimana penulisan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang benar?

Ida Fitriyah, Ketua Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah Tahun 2022 mengatakan, masih banyak salah penulisan perihal Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dia mencontohkan beberapa penulisan yang salah. Di antaranya, Dirgahayu HUT RI ke-73, Dirgahayu RI ke-73, Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-73, dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-73.

Kesalahan penulisan juga ada pada Peringatan Ulang Tahun RI ke-73, Selamat Hari Ulang Tahun RI ke-73, Selamat Dirgahayu RI ke-73, dan H.U.T.R.I ke-73.

Ida memberikan contoh dari penulisan yang benar. Yakni, Dirgahayu Republik Indonesia, Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia, Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, dan Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia.

Kemudian, Peringatan Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, Selamat Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, dan Dirgahayu RI.

Rata-rata kesalahan penulisan menurut dia, yakni menempatkan angka atau usia setelah kata Republik Indonesia atau RI.

”Masih sering menjumpai kesalahan. Misalnya penulisan HUT RI ke-77. Kalau kalimatnya tertulis seperti itu, artinya yang sedang berulangtahun itu RI ke-77. Padahal, RI kan hanya ada satu. Seharusnya penulisannya HUT ke-77 RI,” katanya, Sabtu (13/8/2022).

Ida juga mengaku biasa menjumpai kesalahan penulisan di beberapa pamflet dan status WhatsApp. Menurutnya, masyarakat menulis status berpedoman pada pamflet yang terkadang belum tentu benar penulisannya.

”Sebenarnya bisa diminimalisir dengan edukasi. Biasanya kami di bulan Agustus seperti ini membuat konten edukasi. Kami buat penulisan benar dan salah yang sering terjadi menjelang 17 Agustus,” sambungnya.

Menurut Ida, kesalahan dapat diminimalisir ketika masyarakat mau membaca terlebih dahulu. Dalam hal ini tidak langsung asal menulis.

”Kalau saya menilainya karena kesalahan yang sudah terjadi beberapa tahun. Tetapi seakan dianggap biasa, sehingga masih terjadi kesalahan hingga kini,” imbuhnya.

Ini daftar penulisan yang benar dan salah:

Contoh Penulisan yang Salah
Dirgahayu HUT RI ke-77
Dirgahayu RI ke-77
Dirgahayu Kemerdekaan Kita ke-77
Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77
Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77
Peringatan Ulang Tahun RI ke-77
Selamat Dirgahayu RI ke-77
H.U.T.R.I. ke-77
Contoh Penulisan yang Benar
Dirgahayu Republik Indonesia
Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia
Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
Peringatan Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
Selamat Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia
Dirgahayu RI

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.