Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

13 Agustus Hari Kidal Internasional, Ini Sejarah dan Cara Merayakannya

13 Agustus Hari Kidal Internasional, Ini Sejarah dan Cara Merayakannya
Foto: Ilustrasi orang kidal (F1 Digitals dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Tanggal 13 Agustus merupakan momen istimewa bagi orang kidal atau mereka yang mengandalkan tangan kiri dalam aktivitas sehari-hari. Pasalnya, pada tanggal 13 Agustus diperingati sebagai Hari Kidal Internasional.

Bagaimana sejarah dan apa tujuan peringatan Hari Kidal Internasional ini? Melansir dari Wikipedia, perayaan ini pada awalnya dimulai pada tahun 1976. Seperti namanya, hari tersebut digunakan untuk mempromosikan kesadaran akan ketidaknyamanan yang dialami oleh orang kidal dalam dunia yang didominasi oleh orang dominan tangan kanan.

Pada hari tersebut, semua orang memperingati keunikan dan perbedaan yang dimiliki oleh mereka yang mendominasi 7-10 persen populasi dunia. Ribuan orang kidal dalam masa sekarang harus beradaptasi untuk menggunakan peralatan dan objek yang dibuat untuk orang dominan tangan kanan.

Baca juga: Ini Sejarah Hari Kucing Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 8 Agustus

Terdapat hal yang lebih serius pada hari tersebut, yang mempromosikan kesadaran akan kebutuhan khusus bagi anak kidal. Selain itu, orang kidal mungkin dapat mengalami skizofrenia karena kreativitas dan imajinasi yang berlebihan.

Sejarah

Walaupun telah dirayakan pada tanggal 13 Agustus setiap tahun oleh pengguna kidal sejak 1976, Hari Kidal Internasional dideklarasikan oleh Left-Hander’s Day Club pada 13 Agustus 1992. Deklarasi tersebut merayakan ”kekidalan” orang tertentu dan meningkatkan kesadaran akan kelebihan dan kekurangan menjadi pengguna kidal.

Hari Kidal Internasional saat ini dirayakan secara internasional. Di Britania Raya, terdapat 20 kegiatan yang menandai perayaan ini. Acara tersebut termasuk merayakan kreativitas pengguna kidal, kemampularasan, dan atletisisme.

Cara Merayakan Hari Kidal Internasional

Dikutip dari Tirto.id, untuk merayakan Hari Kidal Internasional, Anda bisa membuat poster dengan tulisan ”Zona Kiri” atau ”Hari Kidal”. Di zona ini, orang yang sehari-harinya menggunakan tangan kanan harus melakukan segalanya dengan tangan kiri dalam sehari.

Ajak teman, keluarga, dan kolega Anda yang tidak kidal untuk melakukan semua tugas sehari-hari menggunakan tangan kiri, misalnya:

– Mengaduk makanan dalam panci.

– Mengisi dan menuang air ke gelas.

– Membuka kaleng.

– Mengupas sayuran/buah.

– Menggunakan kontrol microwave/kompor (yang seringkali diposisikan di sebelah kanan peralatan).

– Menggunting, menggunakan gunting tangan kanan di tangan kiri adalah contoh yang sangat baik dari desain yang gunting yang tidak mendukung orang kidal.

– Meletakkan mouse komputer di sebelah kiri keyboard, orang kidal biasanya harus melakukannya dengan tangan kanan saat mouse digunakan bersama, dan mouse adalah salah satu barang yang didesain untuk pengguna tangan kanan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Wikipedia.org, tirto.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.